ADS BY GOOGLE

Virus Dalam Struktur Organisasi Biologi dan Kedudukan Virus

0
6
adakah virus dalam struktur organisasi biologi dan dimana urutannya
adakah virus dalam struktur organisasi biologi dan dimana urutannya

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh, selamat pagi semuanya, pagi yang indah, tetap semangat yah belajarnya walaupun lagi masa pandemik covid-19 seperti ini.

Pada kesempatan ini saya ingin menjawab beberapa pertanyaan yang saya temukan di Brainly dan juga banyak siswa tanyakan akhir akhir ini.

Virus dan Struktur Organisasi Biologi Makhluk Hidup

Pertanyaan tersebut seperti:

adakah virus dalam struktur organisasi biologi ada dimanakah kedudukan dia
Apakah virus makhluk hidup atau bukan
Apakah virus bagian dari sel

Sebelum terlalu jauh, saya jelaskan dulu yah apa itu virus. Virus adalah organisme aseluler yang tersusun atas kapsid dan salah jenis asam nukleat.

Kapsid virus itu sendiri sangat jauh berbeda dengan dinding sel, jangan disamakan. Selain itu, virus tidak mempunya satupun organel yang ada dalam struktur organisasi kehidupan yang kita kenal. Mulai dari inti sel hingga ribosom, virus tak mempunyai satupun.

Bagi kalian yang ingin mempelajari lebih jauh tentang virus silahkan baca artikel ini

Mari kita jawab pertanyaan diatas satu persatu.

Pertanyaan Seputar Struktur Organisasi Biologi dan Virus

Adakah virus dalam struktur organisasi biologi?

Tidak ada, struktur organisasi biologi hanya berisikan tingkatan organisme makhluk hidup yang saling terkait mulai dari yang paling sederhana hingga paling kompleks, yaitu sel hingga biosfer.
Virus walaupun mempunyai satu dua ciri makhluk hidup, sifat utama virus yang hanya mampu aktif atau “hidup” dan memperbanyak diri dalam sel.
Bisa dikatakan virus hanyalah untaian pendek materi genetik yang terbungkus protein untuk perpindahan inang. Itu saja.
Kita juga dapat mengatakan bahwa virus ketika masuk kedalam sel dan menjadi aktif menjadi hacker dan memerintahkan sel itu sendiri untuk memperbanyak diri virus.
Selain virus, masih ada organisme aseluler yang bukanlah makhluk hidup yaitu Prion dan Virion. Keduanya bahkan jauh lebih kecil dari virus.

Urutan Struktur Organisasi Biologi

Struktur organisasi kehidupan atau stuktur organisasi biologi dimulai dari sel, jaringan, organ, sistem organ, individu, populasi, komunitas, ekosistem, Biosfer.
Ada juga yang membuat struktur kehidupan dengan menambahkan atom, molekul, dan organel. Hal ini tentu saja tidak dapat kita gunakan karena atom dan molekul sudah jelas belum mencapai tingkatan makhluk hidup, hanya menjadi penyusun dari setiap materi yang ada di dalam kehidupan ini.

Apakah virus makhluk hidup atau bukan

Virus bukan lah makhluk hidup, agar tidak membingungkan dan tidak bikin pusing, virus disebut sebagai makhluk aseluler.
Kepusingan terhadap apakah virus itu makhluk hidup ataupun bukan dikarenakan sifat virus yang tidak mampu “aktif” dliuar sel, serta dapat dikristalkan (dimatikan) lalu dihidupkan (tentu saja di dalam sel).
Atas dasar itu, mayoritas peneliti menyebut tidak menyebut virus sebagai makhluk hidup melainkan makhluk aselur.

Dimana kedudukan virus dalam Struktur Organisasi Biologi

Tidak ada, virus bukanlah organisme yang dapat berfungsi seperti makhluk hidup, sehingga virus tidak dapat dikategorikan sebagai makhluk hidup, dan oleh karena itu tidak dapat dimasukkan kedalam struktur organisasi biologi.
Namun, apabila virus dimasukkan ke dalam struktur organisasi makhluk hidup, kitapun akan bingung, karena struktur tersebut mempunyai makna bahwa urutan yang lebih rendah menjadi penyusun yang lebih tinggi.
Contoh, kumpulan sel yang mempunyai fungsi dan bentuk yang sama menyusun jaringan. Kumpulan jaringan yang berkelompok dalam satu struktur dan bekerja secara sinergis disebut organ.
Nah kalo virus dimasukkan, karena virus lebih sederhana pastinya berada sebelum sel. MASALAHNYA adalah virus tidak menjadi penyusun SEL itu sendiri.

Video Penjelasan
adakah virus dalam struktur organisasi biologi dan dimana urutannya
adakah virus dalam struktur organisasi biologi dan dimana urutannya

Semoga semua pertanyaan diatas dan jawabannya dapat menjadi pengetahuan buat teman teman, dan menjawab kepusingan teman teman dalam belajar biologi khususnya pada materi Struktur Organisasi Kehidupan Biologi serta kaitannya terhadap virus. Wassalamulaikum warahmatullahi wabarakatuh.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here