Arti Jazakallah dan Jazakallahu Khairan Katsira serta Cara Menjawabnya

0
1839

ADS BY GOOGLE

Makna Jazakallah

Pagi sobat rajin belajar, kali ini saya akan beritahukan arti jazakallah yang sering digunakan dalam percakapan akhir akhir ini.

Kita ketahui bahwa dalam Agama Islam, tidak mengenal kata terima kasih saja. harus ada doa dalam ucapan terima kasih tersebut. Hal itu sesuai dengan yang diajarkan Rasulullah dan dicontohkan Rasulullah.

Hukum Mengucapkan

Hukum mengucapkan terimakasih dan membacakan doa baginya adalah sunnah yang dianjurkan dan Rasulullah memuji orang orang yang seperti itu.

Keterangan tersebut dapat kalian temukan pada hadist yang diriwayatkan dari Usamah bin Zaid r.a, bahwa Rasulullah berkata:
Dasar penggunaan Jazakallahu Khairan terdapat dalam Hadits yang diriwayatkan Dari Usamah bin Zaid r.a, bahwasanya Rasulullah SAW bersabda :

Usamah Bin Zain Berkata: ” Rasulullah shallalahu’alahi wasallam bersabda:”Siapa saja yang diberikan padanya kebaikan, lalu orang tersebut mengatakan kepada pemberi kebaikan:”Jazakallahu khairan (Semoga Allah membalasmu dengan kebaikan), maka sungguh dirinya telah benar benar meninggikan pujian”.

Arti Jazakallah adalah

Berdasarkan hadis yang tadi saya tuliskan diatas, arti Jazakallah adalah “Semoga Allah membalasmu”. Adapun arti dan ucapan serta bacaan jazakallah dapat anda lihat dibawah ini:

جَزَاكَ اللَّهُ

Dibaca: Jazaakallah
Artinya: Semoga Allah membalas kebaikanmu

Kalimat jazakallah diatas itu berdasarkan hadist Rasulullah. Dalam bahasa Arab terdapat perbedaan tulisan dan bacaan ketika mengucapkan suatu kalimat sesuai dengan jenis kelamin dan jumlah orang yang diucapkan. Berikut macam macam penggunaan “Jazakallah” tersebut:

Jazakallaah Untuk Laki laki Tunggal

Ketika kita mengucapkan terima kasih dalam Islam kepada seorang laki laki, maka kita menyebutkan Jazakallah. Artinya tetap sama dengan yang diatas, yaitu “Semoga Allah membalasmu (laki laki tunggal/satu orang)”.

Adapun penulisannya dalam bahasa Arab, dapat anda perhatikan dibawah ini:

جَزَاكَ اللَّهُ

arti jazakallah dan jazakallahu khairan ucapan terima kasih
arti jazakallah dan jazakallahu khairan ucapan terima kasih

Jazakillah Untuk Wanita Tunggal

Ketika anda ingin mengucapkan terima kasih dalam Islam kepada seorang perempuan yang telah berbuat baik kepada anda, anda mengucapkan:

جَزَا كِ اللهُ

Bacaan: Jazakillah
Arti: Semoga Allah membalas kebaikanmu (perempuan tunggal/satu orang)

ADS By Google

arti jazakillah ucapan terima kasih Islam kepada Perempuan
Advertisement by google
arti jazakillah ucapan terima kasih Islam kepada Perempuan

Jazakumullah Untuk Laki Laki Jamak

Nah, ketika anda ingin mengucapkan terima kasih dalam Islam kepada sekelompok laki laki, misal pada sebuah kepanitian yang isinya laki laki semua, maka Ada mengucapkan Jazakumullah.

Adapun penyebutan dan tulisan dalam bahasa Arab serta artinya adalah sebagai berikut:

جَزَا كُمُ اللهُ

bacaan: Jazaakumullahu
Arti: Semoga Allah membalas kalian (laki laki)

-Baca Juga-

arti jazakumullah ucapan terimakasih untuk laki laki jamak
arti jazakumullah ucapan terimakasih untuk laki laki jamak

Jazakunallah untuk perempuan jamak

Ketika anda ingin mengucapkan terima kasih dalam Islam, ke banyak perempuan sekaligus. Contoh dalam kepanitian kegiatan muslimah yang panitianya akhwat semua maka anda mengucapkan:

جَزَا كُنَاللهُ

Bacaan: Jazaakunallah
Artinya: Semoga Allah membalas kalian (perempuan)

arti jazakunallah ucapan terima kasih untuk perempuan jamak dalam islam
arti jazakunallah ucapan terima kasih untuk perempuan jamak dalam islam

Semua contoh kalimat terima kasih diatas yang merupakan bentuk “Jazakallah” untuk beberapa jenis penggunaan, adalah ungkapan rasa syukur.

Rasa terima kasih seorang muslim ataupun muslimah haruslah mempercayai bahwa Allah adalah sebaik baik sebab dan balasan.

Dengan mengucapkan nama Allah dan mendoakan kebaikan terhadap seseorang atau lebih yang telah berbuat baik ataupun berjasa kepada diri kita, maka anda telah mempercayai dan membenarkan bahwa segala sesuatu itu terjadi karena kehendak dan izin Allah SWT.

Sebagai salah satu bukti keimanan anda, adalah mempercayai Qada dan Qadar ada dan ada dalam izin Allah SWT.

Dengan begitu, kita tidak menempatkan bahwa manusia yang berbuat kebaikan kepada kita itu sebagai sesuatu yang hadir tanpa kehendak Allah SWT. Dan oleh karena itu anda bersyukur dan mengucapkan “Jazakallah” atau versi lainnya.

Tambahan Dalam Jazakallah

Ketika anda mengucapkan jazakallah (dan bentuk lainnya) sebagai bentuk rasa syukur dan ucapan terima kasih, anda dapat menambahkan dengan kalimat seperti:

  • khairan (artinya dengan kebaikan)
  • khairan katsiiraa (artinya dengan kebaikan yang banyak)

Jazakallah khairan adalah yang dicontohkan Rasulullah sesuai pada hadist yang ada diawal artikel diatas.

Artinya adalah “Semoga Allah membalasmu dengan kebaikan”. Katsiiraa artinya yang banyak.

Cara Menjawab Jazakallah

Nah, diantara kalian pasti ada yang bertanya tentang bagaimana membalas ucapan Jazakallah atau jazakallahu khairan. Nah berikut beberapa macam jawaban jazakallahu khairan.

  1. Alhamdulillah
  2. Insya Allah
  3. Waiyyaka (untuk laki-laki yang dibantu) artinya Kepadamu (laki laki) juga
  4. Waiyyaki (untuk perempuan yang dibantu) artinya kepadamu (perempuan) juga
  5. Waiyyakum (Untuk jamak/banyak orang) artinya kepada kalian juga
  6. Wajazakallahu khairan (Untuk laki laki yang dibantu)artinya Semoga Allah membalas mu (laki laki) juga dengan kebaikan.
  7. Wajazakillahu khairan (untuk perempuan yang dibantu) artinya semoga Allah membalasmu (perempuan) juga dengan kebaikan.

Semua balasan diatas, tidak ada riwayat ataupun hadist yang saya temukan tentang cara menjawab ucapan jazakallah atau jazakallahu khairan.

Akan tetapi, membalas dengan ucapan Alhamdullilah ataupun Insya Allah saya rasa sudah cukup. Wallahu a’lam.

Demikianlah artikel tentang arti jazakallah dan penggunan jazakallah serta cara membalas ucapan jazakallahu khairan. Semoga artikel diatas bermanfaat dan berguna dalam keseharian kalian dalam mengucapkan ucapan terima kasih dan rasa syukur.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here