✓ Arti Barakallah Pengucapan Makna Dan Penggunaan Barakallah

0
809

ADS BY GOOGLE

Arti Barakallah | Assalamualaikum warahmatullahi wabarokatuh, selamat pagi pembaca yang suka belajar, kesempatan ini, saya akan bahas arti barakallah.

Saya merasa sangat senang karena Kata “Barakallah” semakin sering diucapkan oleh orang orang +62 atau Indonesia. Distatus Whatsapp dan Instagram beserta facebook pun, saya makin sering lihat foto ataupun ucapan terima kasih dan ulang tahun dengan diberi kalimat “Barakallah” di dalammnya.

Tapi pembaca yang energetik, kalian tahu tidak apa arti barakallah itu? Apa makna dan pesan dibalik kalimat “Barakallah”. Nah, silahkan disimak artikel ini agar kalian menjadi lebih tahu.

Pengucapan Barakallah

Sebelum saya masuk kebagian arti, saya bahas dulu pengucapan Barakallah yang baik dan benar beserta penulisan latinnya.

Kalian mungkin sering dengar orang berkata “Baarakallaah”, Ba dipanjangkan. Itu adalah pengucapan yang benar. Adapun pengucapan Allaah nya, kita menyebutnya dengan seakan akan ada huruf o tapi tipis disitu.

Jadi tidak benar kalau Allah diucapkan dengan seperti “Allooh” tapi o pada Allah tipis sehingga lebih terdengar seperti Allaah. Jadi mulut seperti mau menyebut huruf O tapi menyebut huruf A sebelum sampai ke H. Kuncinya adalah lidah pada saat mau menyebut allah, lidah di titik “LAM”.

Jadi pengucapan kalimat Barakallah haruslah disebut “Baarakallaah” dengan huruf a tipis ke O dengan membuat lidah menyentuh langit langit atas (posisi lidah sama dengan ketika menyebut kata “Lam”).

Arti Barakallah

Arti barakallah (تبارك الله) adalah “Semoga Allah memberkati”. Bahasa Inggrisnya adalah “The Blessings of Allah”. Jadi jangan salah paham yah. Ketika ditambahkan fiik menjadi barakallahu fiik (بارك الله فيك) artinya “Semoga Allah memberkahimu”.

arti barakallah
arti barakallah

Sehingga ketika mengucapkan selamat, tidak cukup dengan barakallah saja, tapi harus ada tambahannya, sesuai subjek ataupun banyaknya.

Barakallah apabila kita lihat dari artinya, adalah ucapan selamat kepada orang tersebut, sekaligus sebagai doa untuk orang tersebut.

Kalimat Barakallah, ketika diucapkan, artinya untuk satu orang saja, ketika untuk banyak orang diucapkan “Barakallahu fiikum”.

Kapan digunakan

Barakallah digunakan ketika mengucapkan selamat kepada orang atas peristiwa yang baik untuk orang (atau lebih) tersebut. Contoh situasi pengucapan barakallah adalah:

Ucapan Selamat Ulang Tahun

Kalimat barakallah diucapkan ketika ada teman atau kenalan yang sedang milad atau ulang tahun. Merayakan hari kelahiran dengan berlebih dan tidak bernilai ibadah hukumnya dilarang dan tidak ada anjurannya.

Akan tetapi, mengucapkan ulang tahun kepada orang atau kenalan anda, tidak lah salah apalagi ketika anda mendoakannya di hari kelahirannya. Doa tersebut tentu saja membuat dia sadar akan umur dan bermuhasabah diri dan mereview masa masa lalunya.

ucapan selamat ulang tahun dalam Islam
Advertisement by google
ucapan selamat ulang tahun dalam Islam

Ucapan selamat ulang tahun yaitu laki laki dan perempuan

ADS By Google

Barakallahu fii Umrik

Artinya: Semoga Allah memberkatimu dalam usiamu.

Untuk lebih jelasnya silahkan baca artikel di bawah ini.

Mengucapkan Terima Kasih

Mengucapkan terima kasih dalam Islam, tidaklah sama dengan budaya barat yang cukup dengan thanks atau thankyou ataupun terima kasih saja.

-Baca Juga-

arti barakallah dan pengucapannya
arti barakallah dan pengucapannya

Islam mengajarkan kita untuk mendoakan seseorang yang ketika berterima kasih kepada seseorang sehingga bukan cuman anda yang membalas kebaikannya, tapi Allah SWT yang membalas kebaikannya sebagai hadiah terindah dari Sang Pencipta.

Oleh karena itu ketika mengucapkan terima kasih, kita ucapkan:

Barakallahu fiik artinya Semoga Allah memberkatimu.

Atau bisa juga menggunakan:

Jazakallah Khairan kepada laki laki dan Jazakillah khairan kepada perempuan. Dan bila ingin berterima kasih untuk banyak orang ucapkan jazakumullahu khayran.

Kelahiran Anak

Mengucapkan barakallah ketika seseorang melahirkan atau mendapatkan anak

“Barakallahu laka fil mauhub, wa syakarta al wahib, wa balagha asyuddahu, wa ruziqta birrahu”

Artinya : Semoga Allah memberkahimu atas anak yang diberikan oleh Nya kepadamu. Semoga kamu mensyukuri Tuhan yang Maha Pemberi. Semoga anak itu panjang umur dan kamu dilimpahkan rezeki kebaikannya.

Ketika Berpisah

Kalimat Barakallah, juga diucapkan ketika seseorang akan berpisah sehingga saling mendoakan karena Allah, jangan ketika berpisah dua orang Muslim tanpa saling mendoakan kebaikan dan kebaikan dan berkahan tanpa mengingat Allah sebagai Sang Pemberi dan Sang Pengasih dan Sang Penentu takdir.

Doa Pernikahan

Barakallah sebagai doa pernikahan | Sering saya temukan, ketika seseorang datang ke acara pernikahan dua orang muslim yang menikah, hanya mengucapkan “Semoga bahagia hingga kematian menjemput dan banyak anak”. Hal tersebut sebenarnya bentuk lupa atas Tuhannya.

Janganlah kita mendoakan seseorang tanpa mengingat Allah karena doa dan semua kejadian itu tidak lepas dari izin Allah SWT.

doa pernikahan
doa pernikahan

Kita dianjurkan oleh Rasulullah untuk mendoakan kedua pasangan pernikahan tersebut dengan doa yaitu:

Barakallahu lakuma wa baraka ‘alaikuma wa jama’a bainakuma fii khoir

Artinya: Semoga Allah menganugerahkan berkah kepadamu (pengantin pria), semoga Allah juga menganugerahkan berkah atasmu (pengantin perempuan), dan semoga Allah mengumpulkan kalian berdua dalam kebaikan.

Mendoakan seseorang termasuk mendoakan pasangan yang menikah, kalian ucapkan dengan tahu artinya sehingga maksud dan niat kalian sampai dan sempurna. Rasa rasanya percuma jika kalian berdoa tanpa tahu apa makna doa tersebut.

Bila kalian tidak ingat bacaan Arab barakallah, kalian ucapkan saja yang bahasa Indonesia atau artinya. Selama kalian mendoakannya atas dan karena Allah, maka Insya Allah, berkah. Tapi jangan lupa untuk tetap berusaha menghafalkan doa bacaan Arab diatas.

Doa Hari Jumat

Doa singkat di hari jumat atau di hari yang mulia lainnya, kita mengucapkan

Barakallah fii yaumil jum’ah

Artinya: Semoga Allah menganugrahkan rahmat dan keberkahaNya di hari yang mulia ini.

Ketika mendengar kalian mendengar seseorang berdoa seperti ini, kalian sebaiknya ucapkan Aamiin.

Kesalahan Pemahaman

Sering saya jumpai seseorang mengira arti Tabarakallah (تبارك الله) sama dengan Barakallah (تبارك الله). Asalnya sama yaitu barakah (بارك) yang artinya memberkahi.

Arti tabarakallah adalah “Maha Suci Allah”. Ketika anda mengucapkan tabarakallahu fiik, maka itu salah, harusnya cukup barakallahu fiik saja.

Apa arti barakallah?

Arti barakallah adalah “Semoga Allah memberkati”.

Apa arti barakallahu fiik?

Arti barakallahu fiik adalah “Semoga Allah memberkahi kamu”.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here