Penjelasan Lengkap Fungsi Badan Golgi dan Strukturnya

0
30

ADS BY GOOGLE

Kembali lagi di learniseasy.com. Kali ini saya akan membahas tentang fungsi badan golgi dan struktur badan golgi. Pasti kalian sudah tahu bahwa badan golgi adalah salah satu organel sel yang dapat anda temukan pada sel hewan maupun sel tumbuhan.

Bagi yang mau belajar lebih jauh tentang badan golgi silahkan disimak artikel ini.

Pengertian Badan Golgi

Badan golgi dikenal juga dengan nama apparatus golgi atau perangkat golgi. Seringkali disebut dengan istilah “Kompleks golgi”.

Alasan kenapa disebut golgi, untuk menghargai penemu badan golgi yaitu Camillo Golgi pada tahun 1897.

Pengertian badan golgi adalah organel sel berupa serangkaian vesikel bermembran yang membungkus protein dalam jumlah besar.

Vesikel bermembran tersebut disebut sisterna.

Struktur Badan Golgi

Sel tumbuhan dan sel hewan, dan kebanyakan sel eukariot, badan golgi berupa piringan membran yang disebut sisterna. Sisterna tersebut berasal dari retikulum endoplasma.

Dapat anda amati pada gambar badan golgi dibawah ini, terlihat bahwa sisterna bertumpuk tumpuk pada badan golgi sebagai penyusun utamanya.

Struktur dan fungsi badan golgi
Struktur dan fungsi badan golgi.Image by S Rifqi, Golgi apparatus (standalone version)-id, CC BY 3.0

Dalam sisterna tersebut terdapat protein protein yang telah diolah sebelumnya, dan diolah kembali di dalam badan golgi sebelum dihantarkan.

Protein yang telah diolah dan dipaking dalam badan golgi ini, kemudian akan diantarkan menggunakan vesikel transpor sebagai hasil dari pelekukan ke arah luar sisterna.

Vesikel transport yang membawa protein lain dari organel lain seperti retikulum endoplasma kasar pun akan bergabung dengan sisterna badan golgi untuk diolah.

Berdasarkan gambar struktur badan golgi diatas, dapat anda temukan istilah daerah cis dan daerah trans. Daerah cis atau disebut sebagai cis face adalah daerah dimana badan golgi bertemu dengan vesikel transpor dari retikulum endoplasma.

Sedangkan trans face atau daerah trans badan golgi adalah daerah dimana terjadi pelepasan vesikel transpor dari badan golgi menuju titik yang membutuhkan pada sel. Vesikel transpor yang dihasilkan pada daerah trans ini disebut sebagai vesikel sekretori.

Pada sel hewan, vesikel sektretori tersebut akan dihantarkan ke organel lisosom, sedangkan pada sel tumbuhan yang kurang mengandung atau bahkan tidak lisosom, vesikel sekretori dihantarkan ke vakuola.

Fungsi Badan Golgi

Pada bagian fungsi badan golgi ini, saya akan membagi menjadi dua, yaitu fungsi utama dan fungsi lainnya.

ADS By Google

Fungsi badan golgi
Advertisement by google
Fungsi badan golgi dan strukturnya. Image by OpenStax (https://commons.wikimedia.org/wiki/File:0314_Golgi_Apparatus.jpg), „0314 Golgi Apparatus“, title at top and resize by learniseasy.com, https://creativecommons.org/licenses/by/4.0/legalcode

Fungsi Utama Badan Golgi

Ada dua fungsi utama badan golgi yaitu (1) menampung dan mengeluarkan protein (2) Penyempurnan protein

Seperti yang telah saya jelaskan pada struktur diatas, fungsi utama badan golgi adalah mengumpulkan protein yang dihasilkan dari RE (Retikulum endoplasma) dan melepasnya ketika dibutuhkan.

Penyempurnaan atau pengolahan protein juga terjadi ketika proses masuknya vesikel transpor di daerah cis badan golgi hingga keluar di daerah trans.

Penyempurnaan tersebut menggunakan enzim enzim yang terdapat pada lumen badan golgi. Pengolahan protein yang terjadi di protein seperti fosforilasi oligosakarida yang ada dalam protein lisosomal yang terjadi pada tahapan awal di daerah cis.

Contoh lain pengolahan protein seperti pembentukan insulin yang fungsional pada badan golgi, penambahan fosfat pada protein atau fosforilasi.

Selain itu, pengolahan protein pada badan golgi juga menyangkut tentang modifikasi protein dengan penambahan label yang khusus sehingga protein tersebut terkhusus pada satu organel saja. Contoh penambahan manosa-6-fosfat pada protein yang ditujukan untuk organel lisosom.

Adapun fungsi lain badan golgi, saya akan jelaskan dibagian bawah.

Fungsi badan golgi Transpor Lipid

Badan golgi, selain menampung protein dan melepaskannya, juga menampung lemak dan membungkusnya dengan vesikel transpor dan melepaskannya ke sitoplasma sel.

Lipid atau lemak yang dihasilkan dari retikulum endoplasma halus, akan dibawa masuk ke dalam badan golgi. Kemudian lipid tersebut lalu akan dikeluarkan lagi ke wilayah sel yang membutuhkan.

Sebagai contoh, fosfolipid yang sangat dibutuhkan sebagai penyusun membran sel dan membran organel lainnya, setelah dihasilkan dari retikulum endoplasma, maka vesikel transpor dari badan golgi akan membawa fosfolipid tersebut menuju membran sel.

Walaupun begitu, mekanisme penghantaran lipid ke membran sel ini bukanlah yang utama, lipid yang dihasilkan oleh retikulum endoplasma biasanya tidak melalui badan golgi, langsung menuju membran sel tanpa adanya pembentukan vesikel atau disebut non vesikel transpor. source: http://pathwaymaps.com/maps/2934

Penghasil Vesikel Eksosisotik

Vesikel eksisotik adalah kantong yang digunakan sel untuk membuang zat zat dari dalam sel keluar sel. Proses tersebut disebut eksositosis. Badan golgi adalah organel yang bertanggung jawab terhadap pembentuk vesikel ini.

-Baca Juga-

Mekanisme Perlindungan Sel

Mekanisme ini juga merupakan lanjutan dari vesikel eksositotik diatas, selain membuang zat zat, vesikel eksositotik yang dihasilkan oleh badan golgi juga berfungsi dalam menampung protein khusus yang bertugas dalam melindungi cel.

Contoh lansung fungsi badan golgi dalam melindungi sel adalah antibodi yang telah diolah dalam badan golgiakan dibawa menuju membran sel menggunakan vesikel eksositotik. Selanjutnya vesikel tersersebut akan bergabung dengan membran sel (membran plasma).

Menggabungkan Fosfat dan Protein

Salah satu fungsi badan golgi yang tidak kalah penting adalah, penggabungan fosfat dan protein sehingga menjadi fungsional. Proses ini disebut fosforilasi protein.

Pembentukan Lisosom

Telah dijelaskan sebelumnya pada artikel fungsi dan struktur lisosom, bahwa salah satu proses dalam pembentukan lisosom adalah dengan masuknya vesikel ke dalam badan golgi dan mengambil enzim enzim hidrolitik yang dibutuhkan serta protein.

Setelah vesikel tersebut berisi enzim hidrolitik dan kemudian terlepas dari badan golgi, lisosom akan menjadi matang dan dapat disebut sebagai organel lisosom yang siap untuk difungsikan.

Pembentukan Proteoglikan

Fungsi badan golgi selanjutnya adalah pembentukan proteoglikan. Apa itu proteoglikan? Proteoglikan adalah komponen utama penyusun matriks ekstraseluler pada sel hewan.

Salah satu fungsinya pada manusia adalah kolagen pada tulang manusia.

Proteoglikan tersebut sesungguhnya diproduksi oleh lisosom dan kemudian diolah lebih lanjut (translokasi) di daerah lumen badan golgi.

Proses pembentukan proteoglikan pada badan golgi disebut dengan Glikosilasi (glycosylation).

Pembentukan Membran Sel

Pada sel hewan dan sel tumbuhan, fungsi badan golgi termasuk dalam pembentukan dan perbaikan membran sel. Lipid dan protein yang dibutuhkan dalam pembentukan dan perbaikan membran sel akan diolah lebih lanjut dalam badan golgi.

Protein dan lipid yang telah diolah lebih jauh tersebut akan dibawah oleh vesikel sekretori atau vesikel transpor menuju membran sel dan kemudian bergabung dengan membran sel.

Pembentukan dinding sel tumbuhan

Terkhusus pada sel tumbuhan, badan golgi juga menyediakan bahan bahan yang dibutuhkan oleh dinding sel tumbuhan untuk pembentukan dan perbaikan struktur dinding sel.

Bersama dengan membran sel tumbuhan, badan golgi menghasilkan kompleks glikan yang akan menjadi bahan utama penyusun dan perbaikan dinding sel tumbuhan. source: Golgi-localized enzyme complexes for plant cell wall biosynthesis

Tempat terjadinya Sulfasi: Penguatan Protein

Penguatan interaksi protein merupakan salah satu fungsi badan golgi. Proses itu disebut sulfasi. Sulfasi adalah penambahan sulfat pada daerah residu tirosin pada molekul protein.

Contoh protein yang mengalami sulfasi seperti G-Protein, faktor koagulasi (protein yang berperan dalam pembekuan darah), hormon hormon sel tumbuhan dan sel hewan, dan juga matriks protein ekstraseluler.

Fungsi Badan Golgi Pengatur Apoptosis

Salah satu fungsi badan golgi adalah pengatur apoptosis atau kematian sel terprogram. Pengaturan tersebut dapat berupa menghambat terjadi kematian sel dan juga mendorong terjadinya kematian sel.

Salah satu gen yang bertanggung jawab atas kematian sel (apoptosis) adalah BCL2 yang terdapat dalam badan golgi.

Pembentukan Akrosom

Akrosom adalah bagian kepala dari sel spermatozoa yang terdiferensiasi dari badan golgi. Akrosom sendiri dikarenakan mengandung banyak enzim hidrolitik disebut juga sebagai turunan dari lisosom.

fungsi badan golgi dalam membentuk akrosom
Akrosom pada sel spermatozoa

Rangkuman Fungsi Badan Golgi

  1. Mengumpulkan dan mengantarkan protein
  2. Mengumpulkan dan mengantarkan lipid
  3. Mengolah protein dan lipid lebih jauh
  4. menyediakan bahan dalam pembentukan dan perbaikan membran sel
  5. pengatur apoptosis
  6. tempat terjadinya sulfasi
  7. Tempat terjadinya fosforilasi protein
  8. pembentuk proteoglikan
  9. Pembentukan dan sintesis lisosom
  10. pembentukan dan sintesis akrosom
  11. pembentukan membran sel dan dinding sel
  12. Penghasil vesikel eksositotik
  13. Mekanisme perlindungan sel dalam membentuk antibodi dan mengantarnya.
  14. Penyempurna hormon dan enzim serta banyak protein lainnya.

Demikianlah artikel tentang fungsi badan golgi dan strukturnya. Saya harap informasi diatas berguna dan bermanfaat untuk anda. Tetap belajar karena belajar itu mudah. Learn is EASY.

Apa pengertian badan golgi

Badan golgi adalah organel sel berupa serangkaian vesikel bermembran yang membungkus protein dalam jumlah besar.

Apa fungsi badan golgi

Fungsi utama badan golgi adalah pengumpul protein, pengolah dan melepas protein fungsional menuju titik yang membutuhkan pada sel. Adapun fungsi lain badan golgi, anda dapat baca pada artikel diatas.

Bagaimana struktur badan golgi

Struktur badan golgi pada sel hewan dan sel tumbuhan tersusun atas tumpukan sisterna yang terbagi atas dua daerah yaitu daerah cis dan trans.
Daerah cis, tempat masuknya vesikel transpor dari retikulum endoplasma. Daerah trans adalah tempat keluarnya vesikel transpor atau vesikel sekretori dari badan golgi.