✔ Jawaban Fungsi Vakuola Pada Sel Tumbuhan Dan Hewan

0
1792

ADS BY GOOGLE

Vakuola adalah satu dari sekian organel sel yang ada dalam sel tumbuhan dan sel hewan. Organel sel vakuola mempunyai fungsi yang tidak kalah pentingnya dengan organel lainnya. Apa itu vakuola dan fungsi serta strukturnya, mari simak artikel berikut.

Fungsi Vakuola pada Sel Tumbuhan

Vakuola pada sel tumbuhan berbeda dengan vakuola sel hewan. Hal ini tentu saja akibat perbedaan karakteristik kedua sel tersebut.

Vakuola sel tumbuhan berukuran besar, saking besarnya vakuola, dikatakan oleh banyak peneliti bahwa vakuola dapat membesar hingga lebih dari 70 persen volume sel tumbuhan.

Lalu apa fungsi vakuola pada sel tumbuhan? Berikut saya jelaskan dibawah

Fungsi vakuola sebagai Tempat Penyimpanan

Fungsi utama vakuola pada sel tumbuhan adalah tempat penyimpanan, baik itu berupa makanan (ataupun cadangan makanan) air serta sampah hasil metabolisme.

Ini adalah fungsi vakuola yang utama, yaitu tempat penyimpanan. Dan khusus bagi kebanyakan sel tumbuhan, vakuola berfungsi penuh dalam penyimpanan cadangan makanan seperti pati / amilum.

Fungsi vakuola dalam Isolasi material

Pada sel tumbuhan, ketika terdapat substansi berbahaya yang tidak diinginkan atau tidak dibutuhkan bagi sel dan sitoplasma, maka vakuola akan mengisolasi material tersebut.

Substansi berbahaya tersebut akan ditelan oleh vakuola sentral dan kemudian disimpan serta dihancurkan dalam vakuola. Kita tahu bahwa vakuola pada sel tumbuhan juga mengandung enzim hidrolitik yang sama dengan lisosom pada sel hewan.

Fungsi ini didukung dengan adanya struktur pelapis tambahan diluar vakuola sentral tumbuhan yang disebut tonoplas.

Fungsi vakuola dalam Menjaga tekanan turgor

Tekanan turgor adalah kunci kekuatan sel dalam menjaga bentuk dan struktur jaringan tumbuhan itu sendiri. Ada banyak hal yang dipengaruhi oleh adanya tekanan turgor pada tumbuhan.

Salah satu contohnya adalah penutupan dan pembukaan stomata yang sepenuhnya terjadi karena adanya tekanan turgor pada sel sel stomata tumbuhan.

fungsi vakuola sentral sel tumbuhan
Fungsi vakuola sentral sel tumbuhan pada tekanan turgor dan mencegah tumbuhan layu

Menyimpan pigmen warna

Pigmen warna pada tumbuhan khususnya pada bagian bagian tertentu, tidak hanya terdapat pada kloroplas atau plastida saja, akan tetapi juga tersimpan pada vakuola sentral.

Contoh pigmen warna antosianin yang terdapat dalam vakuola sel Rhoeo spathacea.

Menjaga pH Sitoplasma

Dalam vakuola sel tumbuhan, dan wilayah membran vakuola, terjadi pompa proton atau transpor proton. Peristiwa tersebut membuat pH sitoplasma dapat lebih stabil dan terjaga.

Kondisi tersebut dapat terjadi akibat pH vakuola yang lebih rendah dari pH sitoplasma.

ADS By Google

Fungsi vakuola sebagai pencernaan intraseluler

Kita ketahui bahwa pencernaan intraseluler biasanya dilakukan oleh lisosom. Akan tetapi pada sel tumbuhan, peneliti menemukan bahwa tugas tersebut dilakukan oleh vakuola sentral tumbuhan.

Kondisi pH yang rendah vakuola serta adanya enzim enzim hidrolitik dalam vakuola membuat reaksi enzim dalam mendegradasi zat zat dapat terjadi.

Meningkatan Fotosintesis

Fungsi vakuola ini terjadi akibat ukuran vakuola sentral pada tumbuhan yang besar. Akibat besarnya vakuola, maka organel organel lain khususnya kloroplas lebih dekat ke membran sel.

Hal tersebut bermanfaat dalam meningkatkan efektivitas kloroplas terhadap penangkapan energi foton (cahaya matahari).

Penyimpanan Protein

Vakuola juga berfungsi dalam menyimpan protein dalam jumlah besar. Hal tersebut dapat anda temukan pada biji tumbuhan. Protein atau cadangan makanan tersebut digunakan sebagai cadangan makanan dan makanan pertama untuk berkecambah.

Vakuola yang terdapat dalam biji tumbuhan tersebut termodifikasi dan disebut “tubuh protein (protein bodies)”.

Daur ulang Protein

Fungsi lain vakuola pada sel tumbuhan adalah daur ulang protein. Dalam sel tumbuhan sering muncul protein yang rusak atau salah bentuk. Disinilah vakuola berperan penting dalam “memakan” protein tersebut dan menghancurkannya menjadi molekul penyusunnya.

Penghancur Mikroba dan Bakteri

Vakuola juga berperan penting dalam pertahanan sel tumbuhan. Fungsi vakuola sentral pada tumbuhan adalah “menelan” bakteri yang masuk kedalam sel tumbuhan dan menghancurkannya.

Menjaga struktur bunga dan daun

Struktur bunga dan daun dapat kokoh dan tidak layu, akibat adanya vakuola dan tekanan yang diberikannya pada jaringan tumbuhan tersebut.

-Baca Juga-

Mempercepat Pembentukan Daun

Daun pada tumbuhan dapat dipercepat pertumbuhannya dan pembentukannya akibat adanya vakuola. Vakuola dengan asupan air saja, dapat membuat daun tumbuh lebih cepat dan membesar. Ini membuat tumbuhan yang baru saja berkecambah dapat memulai proses fotosintesis dengan lebih cepat.

Fungsi vakuola pada sel tumbuhan
Fungsi vakuola pada sel tumbuhan

Baca juga fungsi organel lain dibawah ini

Fungsi Vakuola pada Sel Hewan

Pada sel hewan, vakuola lebih kecil dan sering ditemukan dalam jumlah banyak. Bahkan ada beberapa jenis sel hewan yang tidak memiliki vakuola sama sekali.

Fungsi vakuola pada sel hewan lebih sedikit dari sel tumbuhan. Hal tersebut karena proses lainnya atau fungsi lainnya ditangani oleh organel lain.

Endositosis pada sel hewan

Endositosis adalah proses memasukkan material besar dalam sitoplasma menggunakan lekukan membran sel yang menyebabkan terbentuknya vesikel (kantong). Kantong tersebut disebut endosom. Endosom ini juga disebut sebagai vakuola pada sel hewan.

Source: Endositosis from brooklyn edu

Eksositosis

Proses eksositosis sel hewan dalam jumlah besar juga melibatkan vakuola. Vakuola yang berisikan material material yang ingin dibuang keluar sel, akan bergerak ke arah membran sel.

Kemudian vakuola tersebut akan bergabung dengan membran sel hewan dan zat yang ingin dibuang tersebut keluar dari sel menuju daerah ekstraseluler.

Penyimpanan Zat

Makanan dan zat zat lainnya dalam sel hewan yang ingin disimpan atau diisolasi dari sitoplasma disimpan dalam vakuola.

Vakuola disini berbeda dengan sel tumbuhan. Karena hanya terjadi degradasi zat yang minim. Nanti ketika lisosom masuk kedalam vakuola, baru terjadi degradasi enzim yang sesungguhnya.

Struktur Vakuola

Fungsi vakuola pada sel tumbuhan
Fungsi vakuola pada sel tumbuhan dan hewan

Struktur vakuola sebenarnya cukup sederhana. Strukturnya dapat kita gambarkan sebagai kantong yang besar dalam sel tumbuhan maupun sel hewan.

Faktanya, vakuola, menurut banyak peneliti, adalah vesikel vesikel yang bergabung membentuk vesikel besar yang disebut vakuola.

Struktur vakuola pada sel tumbuhan khususnya sel tumbuhan tingkat tinggi berbeda dengan sel hewan. Vakuola sel tumbuhan terdapat tonoplas.

Tonoplas adalah pembungkus tambahan vakuola. Sebagai membran tambahan, tonoplas juga berfungsi dalam memisahkan vakuola dengan cairan sel(sitosol) sitoplasma.

Setelah membran terdapat cairan vakuola yang berisi air, enzim enzim dan molekul organik dan anorganik. Molekul seperti lipid (lemak) dan protein juga dapat ditemukan dalam vakuola.

Apa fungsi vakuola pada sel tumbuhan

Ada banyak fungsi vakuola pada sel tumbuhan, salah satunya adalah sebagai tempat penyimpanan cadangan makanan seperti amilum dan protein.
Selain itu, berfungsi dalam menjaga tekanan turgor dalam sel.
Baca lebih jauh di artikel diatas.

Apa fungsi vakuola pada sel hewan

Fungsi organel ini pada sel hewan lebih sedikit ketimbang pada sel tumbuhan. Fungsinya antara lain sebagai tempat penyimpanan makanan sementara. Berperan aktif dalam endositosis dan eksositosis.

Apa itu tonoplas

Tonoplas adalah membran tambahan yang sering ditemukan pada vakuola sel tumbuhan tingkat tinggi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here