10+ Fungsi Tulang Pergelangan Tangan dan Struktur Serta Sendi

0
3670

ADS BY GOOGLE

Fungsi tulang pergelangan tangan dan strukturnya | Yuk belajar anatomi manusia, kali ini kak jun akan menjelaskan tentang fungsi tulang pergelangan tangan (wrist bone) pada manusia.

Kalian tahu yang mana itu pergelangan tangan kalian bukan? Atau kalian masih bingung perbedaan pergelangan tangan dan tangan kalian?

Nih saya jelaskan satu satu agar kalian paham tentang tulang pergelangan tangan manusia mulai dari apa itu, struktur tulangnya dan terakhir fungsi tulang tersebut manusia dan otot ototnya.

Definisi Tulang Pergelangan Tangan

Dalam ilmu anatomi manusia, pergelangan tangan atau wrist memiliki 3 pengertian yaitu

  1. Tulang karpal (carpal bone / carpus) yang terdiri atas 8 tulang yang membentuk segmen kerangka proksimal pada tangan.
  2. Pengertian kedua yaitu sendi pergelangan atau wrist joint atau sendi radiokarpal (radiocarpal), yang merupakan sendi antara tulang pengumpil dan karpal (carpus).
  3. Pengertian pergelangan tangan yang ketiga adalah daerah anatomi yang meliputi karpal (carpus) termasuk juga bagian distal dari tulang lengan bawah (tulang pengumpil dan tulang hasta) serta bagian proksimal dari metakarpus atau 5 jari jari tulang (metakarpal) dan sendi sendi yang ada diantara tulang tulang tersebut.

Pergelangan tangan disini, kita sepakati dan memang lebih banyak saya temukan bahwa tulang pergelangan tangan adalah tulang karpal dan pertemuannya dengan lengan bawah (tulang pengumpil dan tulang hasta).

Jadi daerah yang disebut sebagai tulang pergelangan tangan adalah tulang telapak tangan dan ujung bawah tulang pengumpil dan tulang hasta.

Fungsi Tulang Pergelangan Tangan

Apa fungsi tulang pergelangan tangan? Dari pengertian tulang pergelangan tangan diatas, kita tahu bahwa fungsinya adalah:

fungsi tulang pergelangan tangan manusia
Tulang pergelangan tangan pada manusia
  1. Sebagai penyusun kerangka tangan dan eksremitas atas manusia.
  2. Sebagai tempat pertemuan antara tulang lengan bawah dan tangan
  3. Sebagai tempat menempelnya otot otot gerak yang ada pada jari jari dan pergelangan tangan.
  4. Terdapat beberapa sendi sehingga telapak tangan beserta jari jemari bisa bergerak seperti sekarang.
  5. Terdapat sendi seperti sendi peluru, sendi pelana pada jari jemari, dan sinartrosis.
  6. Terdapat sendi pada putar atau pivot pada tulang pergelangan tangan (dibagian sendi distal radioulnar) yang memungkinkan pergerakan “meminta dan memberi” atau supinasi dan pronasi.
  7. Tulang pergelangan tangan juga berfungsi sebagai salah satu tempat penyimpanan kalsium pada tubuh manusia (fungsi tulang)
  8. Mengontrol aktivitas otot pronator dan otot supinator pada lengan bawah manusia.
  9. Tempat melekatnya ligamen yang membuat jari jari tangan dapat mencengkram dengan kuat ketika mencakar.
  10. Memiliki sendi geser pada tulang karpal (telapak tangan) sehingga mempermudah pergerakan tangan dan membuat pergelangan tangan mampu merendam getaran atau tekanan yang kuat secara tiba tiba (contoh lembaran bola cepat).

Struktur Tulang Pergelangan Tangan

Sesuai penjelasan diatas, struktur tulang pergelangan dimulai dari pertemuan antara distal radioulnar dan tulang karpal (pertemuan antara ujung bawah tulang hasta – tulang pengumpil dengan tulang telapak tangan/karpal).

-Baca Juga-

Perhatikan gambar anatomi tulang pergelangan tangan dibawah ini

fungsi tulang pergelangan tangan
Advertisement by google
Struktur tulang pergelangan tangan dan penunjukkannya


Tulang carpal terdiri dari 8 tulang pendek yang berartikulasi dengan ujung distal ulna dan radius, dan dengan ujung proksimal dari tulang metacarpal.

Antara tulang-tulang carpal tersebut terdapat sendi geser. Ke delapan tulang tersebut adalah scaphoid, lunatum, triqutrum, piriformis, trapezium, trapezoid, capitatum, dan hamatum.

Sendi Pada Tulang Pergelangan Tangan Manusia

Kita ketahui berdasarkan fungsi tulang diatas dan strukturnya, serta pengalaman pribadi saya menggunakan tangan saya, terdapat beberapa sendi pada pergelangan tangan yaitu:

  1. Sendi geser pada tulang telapak tangan (karpal / carpal)
  2. Sendi peluru sehingga tangan bisa diputar kiri ke kanan dan kanan ke ke kiri
  3. Sendi pelana
  4. Sendi putar (pivot) pada hubungan tulang lengan bawah dan telapak tangan

Cukup sekian artikel tentang fungsi dan struktur tulang pergelangan tangan ini, semoga dapat mencerahkan dan bermanfaat buat kalian. Tetap belajar karena belajar itu mudah. Learniseasy.com

Apa fungsi tulang pergelangan tangan manusia

Fungsi utama adalah sebagai bagian tulang penyusung ekstremitas atas manusia. Selain itu berfungsi sebagai tempat melekatnya otot otot gerak pada pergelangan tangan. Baca lebih banyak pada artikel ini.

ADS By Google

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here