ADS BY GOOGLE

Perbedaan Bakteri Gram Positif dan Bakteri Gram Negatif

0
373
perbedaan bakteri gram positif dan bakteri gram negatif
perbedaan bakteri gram positif dan bakteri gram negatif

Selamat pagi teman teman sekalian, masih semangat belajar kan. Kali ini kita akan belajar tentang perbedaan bakteri gram positif dan negatif. Sebelumnya, bagi kalian yang belum tahu apa itu pewarnaan gram, kalian bisa cek artikel dibawah ini agar lebih paham.

Bakteri Gram Positif

Apa itu bakteri gram Positif? Berdasarkan pengertian dan definisi yang ada, bakteri gram positif adalah bakteri yang mempertahankan warna violet atau ungu dalam pewarnaan gram.

Hal ini kemudian diartikan lebih lanjut kepada pembagian kelompok bakteri berdasarkan alasan kenapa pewarnaan kristal violet dapat bertahan pada bakteri jenis ini yaitu kondisi dinding sel yang dimilikinya.

Bakteri gram positif mempunyai dinding sel yang berbeda dengan dinding sel bakteri gram negatif. Dinding selnya mempunyai peptidoglikan yang sangat tebal, dan hanya satu lapisan saja.

Salah satu contoh bakteri gram positif adalah Staphylococcus aureus , dalam pewarnaan gram terlihat berwarna bulat ungu.

Bakteri Gram Negatif

Selain gram positif, kita mengenal istilah bakteri gram negatif. Bakteri ini dapat dikatakan “berlawanan” dari gram positif. Hal tersebut tentu karena ada banyak perbedaan diantara keduanya.

Bakteri gram negatif adalah bakteri yang tidak mampu mempertahankan warna ungu pada pewarnaan gram, sehingga hanya mampu melekat warna merah safranin.

Hal tersebut diterjemahkan lebih lanjut dengan sifat dinding sel bakteri gram negatif yang membuatnya menjadi salah satu pembagian dua kelompok besar bakteri yaitu gram positif dan negatif.

Nah, dinding sel bakteri gram negatif ini tersusun atas dua lapis, yaitu lapisan lemak dan juga lapisan peptidoglikan. Lapisan peptidoglikan sangat tipis sehingga tidak mampu mengikat pewarnaan ungu lebih banyak.

Perbedaan dinding sel bakteri gram positif dan bakteri gram negatif. Dapat teman teman perhatikan bahwa dinding sel bakteri gram positif lebih tebal dan hanya satu lapisan saja. Sebaliknya pada gram negatif ada dua lapisan tapi peptidoglikan (ungu) lebih tipis.

Perbedaan Bakteri Gram Positif dan Gram Negatif

Bakteri Gram PositifBakteri gram Negatif
Dinding Sel
Dinding sel halus dan mempunyai satu lapisan (single-layered)Dinding sel terlihat ada gelombang (wavy) dan tersusun atas dua lapis (double-layered cell-wall)
Ketebalan Dinding Sel
Ketebalan dinding sel pada kisaran 20 – 80 nmKetebalan dinding sel berkisar 8-10 nm
Lapisan Peptidoglikan
Sangat tebalCukup tipis
Asam Teikoat(Techoic Acid)
DitemukanTidak ditemukan
Membran Luar (Outer Membrane)
Tidak ditemukanDitemukan membran luar
Porin
Tidak adaAda pada membran luar
Mesosom
Lebih kentara karena pelekukan lebih besarPelekukan lebih kecil
Morfologi
Kokus atau batang yang membentuk spora (spore forming-rod)Tidak ada pembentukan spora (non-spore forming rods)
Struktur Flagela
Dua cincin pada tubuh basal (two ring in basal body)empat cincin pada tubuh basal (four ring in basal body)
Lapisan Lemak
Sangat rendah20 hingga 30 persen
Lipopolisakarida
Tidak ditemukanDitemukan
Produksi Toksin
Eksotoksin (exotoxin)Eksotoksin dan Endotoksin (exotoxin and endotoxin)
Pengaruh antibiotik
SensitifLebih resisten
Pewarnaan gram
Mampu mempertahankan warna ungu bahkan ketika telah dicuci dengan alkohol 95%Tidak mampu mempertahankan warna ungu setelah dilakukan decolourisation menggunakan alkohol 95%

Sebagai tambahan perbedaan, pada bakteri gram positif ruang periplasmiknya sangat sempit, sedangkan pada bakteri gram negatif ruang periplasmik tersebut kentara dan jauh lebih lebar dibandingkan bakteri gram positif.

Contoh Bakteri Gram Positif

Contoh bakteri gram positif yaitu:

  1. Actinomyces
  2. Lactobacillus
  3. Propionibacterium
  4. Eubacterium
  5. Bifidobacterium
  6. Arachnia
  7. Clostridium
  8. Peptostreptococcus
  9. Staphylococcus

Pada dasarnya, bakteri gram positif berasal dari dua kelompok filum yaitu Firmicutes dengan kelas yaitu: Bacilli, Clostridia, Erysipelotrichia, Limnochordia, Negativicutes, Thermolithobacteria, Tissierellia. Filum satunya lagi adalah Actinobacteria dengan kelas Acidimicrobiia, Coriobacteriia, Nitriliruptoria, Rubrobacteria, Thermoleophilia, Actinobacteria.

Contoh Bakteri Gram Negatif

Contoh bakteri gram negatif yaitu:

  1. Azotobacter
  2. Rhizobium
  3. Neisseria
  4. Haemophilus
  5. Pseudomonas
  6. Salmonella
  7. Helicobacter

Itulah diatas tabel perbedaan antara bakteri gram positif dan bakteri gram negatif. Semoga dengan artikel diatas, teman teman dapat lebih mudah belajar bakteriologi atau Biologi Kelas X Semester 1 bagian Archaebacteria dan Eubacteria.

Bagi kalian yang ingin mengetahui perbedaan antara Archaebacteria dan Eubacteria, silahkan kunjungi artikel dibawah ini

Bagi teman teman yang ingin belajar lebih banyak lagi tentang bakteri gram positif, silahkan kunjungi situs ini https://courses.lumenlearning.com/microbiology/chapter/gram-positive-bacteria/ .

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini