2019 Peta Indonesia Ukuran Besar Terbaru HD Vektor Hitam Putih

0
964

ADS BY GOOGLE

Peta Indonesia Ukuran Besar Vektor Hitam Putih

Peta Indonesia Ukuran Besar | Selamat pagi Sobat Rajin belajar, bagi kalian yang lagi mencari cari peta Indonesia untuk tugas dan ingin dipasang di kelas dan di rumah kalian, ini adalah halaman yang tepat.

Dibawah ini saya akan berikan beberapa peta Indonesia Vektor dan non vektor beserta peta Indonesia berwarna dan hitam putih.

Indonesia merdeka pada tahun 1945. Wilayah Indonesia pada awal kemerdekaan tidaklah seluas dan sebanyak yang ada pada peta Indonesia saat ini.

Pada masa itu, wilayah Indonesia yang sekarang masih ada yang masih dikuasai Belanda, dan ada pula yang belum menyatakan bergabung Indonesia dan masih berbentuk kerajaan.

Barulah ketika KMB terjadi dan Papua masuk ke dalam Indonesia, wilayah Indonesia lengkap. Keluarnya Timor leste dari Negara Indonesia pada pemerintahan Presiden Habibi, juga membuat wilayah negara Indonesia berkurang.

Kita ketahui, bahwa Negara Indonesia tersusun atas banyak kepulauan baik yang besar beserta pulau pulau kecil yang berjumlah ribuan.

Hal tersebut membuat Indonesia disebut Negara Kepulauan. Dikarenakan luasnya daerah perairan Indonesia, negara ini juga disebut sebagai negara maritim.

Selain sebagai negara maritim dan juga negara kepulauan, Negara Indonesia mempunyai keunikan yang jarang dimiliki negara lain yaitu, berada di garis khatulistiwa. Hal ini membuat negara Indonesia menjadi negara tropik yang kaya akan keindahan Alam.

Tak perlu panjang lebar. Berikut saya berikan gambar Peta Indonesia vektor ukuran besar dibawah ini

Gambar Peta Indonesia Ukuran Besar

Gambar peta Indonesia dibawah ini adalah peta resmi yang dikeluarkan oleh Negara Indonesia, bagi kalian yang ingin mendowload peta Indonesia ukuran besar, silahkan lihat link dibawah gambar. Semoga gambar peta ukuran besar tersebut berguna bagi anda.

peta Indonesia ukuran besar resmi negara
peta Indonesia ukuran besar resmi negara
Peta Indonesia Dari CIA
Peta Indonesia Dari CIA

Link Download Peta Indonesia Diatas untuk ukuran besar PNG

Advertisement by google
| PDF | Peta CIA

Peta Indonesia Ukuran Besar Google View

Peta Indonesia dibawah ini adalah tampilan permukaan langsung wilayah Indonesia yang diambil dari satelit berdasarkan citra Bumi diakses dari Google Earth.

Pada peta dibawah ini, yang merupakan citra langsung, dapat anda amati banyaknya daerah hijau dibeberapa pulau Indonesia, khususnya Papua, Aceh dan Kalimantan. Ini membuktikan bahwa Indonesia adalah salah satu Paru Paru Dunia dan salah satu sumber karbon terbesar di Dunia.

peta Indonesia google earth
peta Indonesia google earth

Bagi kalian yang mau file ukuran besar peta , silahkan diakses link download diatas.

Peta Buta Indonesia Ukuran Besar

Peta Buta Indonesia adalah peta Indonesia yang tidak menyertakan tulisan dan keterangan tulisan tentang nama nama daerah yang ada.

ADS By Google

Peta buta Indonesia ini sangat cocok bagi kalian yang ingin mencetaknya dan menjadikan bahan ajar dan bahan untuk mengetes kemampuan siswa dalam mengetahui letak dan nama nama pulau pulau besar yang ada di Indonesia.

Peta Buta Indonesia
Peta Buta Indonesia
Peta Buta Indonesia
Peta Buta Indonesia

Bagi kalian yang ingin mendowload file ukuran besar peta buta Indonesia diatas, kalian bisa akses link dibawah ini. Ada file peta buta PDF dan PNG buat kalian, agar kalian bisa mencetaknya pada ukuran kertas yang lebih besar dan tidak pecah pecah.

Download Peta Buta PNG besar | PDF | Ilustrator

Peta Indonesia Hitam Putih

Buat kalian yang ingin peta buta yang hitam putih atau grayscale, kalian bisa gunakan peta Indonesia hitam putih dibawah ini. File dibawah juga bagus untuk kalian yang ingin mencetak peta Indonesia pada baju ataupun mug.

Keunggulan peta Indonesia hitam putih adalah hanya membutuhkan dua warna saja, yaitu hitam dan putih sehingga lebih mudah mencetaknya pada print ataupun sablon baju.

Peta Indonesia Hitam Putih
Peta Indonesia Hitam Putih

Silahkan gunakan link download dibawah ini bagi kalian yang inginkan file PSD (photoshop), Ilustrator dari Peta Indonesia Hitam Putih ataupun peta Indonesia hitam putih vektor.

Download Peta Indonesia hitam putih PNG

Peta Indonesia Vektor

Peta dibawah ini adalah contoh gambar peta Indonesia vektor yang ukurannya dapat dengan mudah diubah dalam aplikasi gambar seperti Photoshop ataupun Ilustrator.

Gambar peta dibawah sangatlah berguna bagi kalian yang ingin membuat sablon baju dengan adanya gambar peta Indonesia.

Atau bisa juga untuk dibuat peta Indonesia dan mencetaknya dalam ukuran yang amat besar seperti sebesar dinding kelas Sekolah.

peta Indonesia Vektor Ukuran Besar
peta Indonesia Vektor Ukuran Besar

Link download peta Indonesia Ilustrator | PNG ukuran Besar

Peta Indonesia Ukuran Besar Berdasarkan Kepulauan

Bagi kalian yang hanya membutuhkan penunjuk Pulau pulau besar di Indonesia, baik sebagai bahan belajar, bahan ajar ataupun untuk keperluan lain, anda dapat menggunakan gambar peta Indonesia berdasarkan kepulauan dibawah ini.

Peta Indonesia Berdasarkan Pulau Besar
Peta Indonesia Berdasarkan Pulau Besar

Bagi kalian yang ingin mengambil file ukuran besarnya, silahkan kunjungi link dibawah ini, ada file PSD (photoshop) serta PNG nya.

Peta Indonesia Ukuran Besar Berdasarkan Tipe Fauna

Dalam situasi tertentu, anda membutuhkan keterangan tentang persebaran fauna dan tipe fauna yang ada di Indonesia.

Persebaran Fauna
Persebaran Fauna

Kita ketahui di Indonesia terdapat tiga tipe fauna, yaitu Fauna Tipe Asiatis, tipe australis dan juga fauna peralihan. Pembagian tersebut berdasarkan pengelompokkan oleh Afred Russel Wallace dan Max Wilhelm Carl Weber.

Download File Ukuran Besar Peta Diatas disini Ilustrator | PNG

Peta Indonesia Berdasarkan Kepadatan Penduduk

Bagi kalian yang ingin mengetahui persebaran penduduk dan kepadatan penduduk tiap daerah dan kepulauan di Indonesia, peta dibawah ini dapat membantu buat kalian.

Kepadatan Penduduk Tahun 2010
Peta Indonesia Kepadatan Penduduk Tahun 2010


Bagi kalian yang ingin file ukuran besar peta Indonesia vektor dibawah ini, silahkan download gambar dibawah ini.

Peta Indonesia Ukuran Besar Berdasarkan Provinsi

Jumlah Provinsi Di Indonesia adalah 34 Provinsi

peta Indonesia berdasarkan provinsi
peta Indonesia berdasarkan provinsi

Peta Indonesia Hutan

Peta dibawah ini adalah peta Indonesia berdasarkan kondisi Hutan dan pepohonan yang ada di daerah tersebut. Warna Indikator pada peta menandakan kualitas dan banyaknya pohon yang ada.

Persebaran hutan dan Pohon
Persebaran hutan dan Pohon di Indonesia

Untuk gambar ukuran besar silahkan download pada link ini

Download gambar peta ukuran besar PNG

Geografi Indonesia

Negara Indonesia berdasarkan de facto dan de jure, terletak diantara 6º LU-11º08 LS dan 95º BT-141º BT yang memiliki luas daratan seluas 1.922.570 km2. LU adalah lintang utara, dan LS adalah lintang selatan. BT adalah bujur timur.

Indonesia sebagai negara kepulauan dan negara maritim memiliki perairan yang lebih luas daripada daratannya. Luas perairan Indonesia adalah 3.257.483 km2.

Ibu kota Indonesia adalah Jakarta.

Pulau pulau di Indonesia sangat banyak, yaitu 17.504 pulau, dan diketahui bahwa masih ada 6000 pulau kecil yang tidak berpenghuni. Diantara belasan ribu pulau di Indonesia, ada 5 pulau besar yang padat penduduk yaitu:

  1. Pulau Sumatera
  2. Pulau Jawa
  3. Pulau Kalimantan
  4. Pulau Sulawesi
  5. Pulau Papua

Batas Wilayah Negara Indonesia

Dalam mempelajari tentang negara, kita harus mengetahui batas batas wilayah negara tersebut. Hal tersebut berlaku juga untuk negara Indonesia.

Daerah perbatasan inilah yang sering terjadi konflik kepentingan dan perebutan wilayah antara negara negara tetangga yang berbatasan dengan batas wilayah negara Indonesia.

Pada peta Indonesia, anda dapat memperhatikan bahwa ada 4 batas wilayah Indonesia berdasarkan arah mata angin yaitu:

-Baca Juga-

  • Utara: Pada bagian utara, Indonesia berbatasan dengan negara Singapura, Samudra Pasifik, Negara Vietnam, negara Filipina, negara Thailand, dan negara Malaysia.
  • Barat: Pada bagian barat, Indonesia dibatasi oleh lautan luas yaitu Samudera Hindia dan juga Negara India.
  • Selatan: Pada bagian Selatan, Indonesia dibatasi oleh lautan luas Samudera Hindia dan Negara Timor Leste yang dapat dikatakan berada dalam negara Indonesia.
  • Timur: Pada bagian timur, Indonesia berbatasan dengan negara Papua Nugini yang merupakan bagian persemakmuran Inggris.

Pembagian Administratif Indonesia

Pembagian administratif Indonesia menjelaskan tentang wilayah dan daerah daerah administratif Indonesia seperti provinsi yang didalamnya terdapat kabupaten, kecamatan hingga kelurahan dan desa desa.

Jumlah provinsi Indonesia pada tahun 2019 adalah 34 Provinsi dengan 416 Kabupaten dan 98 Kota. Jumlah Kecamatan Indonesia adalah 7024. Jumlah desa atau setingkat desa Indonesia adalah 81.626.

Jumlah jumlah wilayah administratif Indonesia diatas dapat berubah ubah, sesuai keinginan rakyat dan pemerintah saat itu. Dapat terjadi penggabungan wilayah, dan juga dapat terjadi pemisahan wilayah.

Kalian pasti sudah tahu bahwa setiap wilayah administratif, terdapat pimpinan. Pada provinsi, ada Gubernur sebagai eksekutif dan DPRD provinsi sebagai legislatif daerah.

Pada daerah setingkat Kabupaten ada Bupati dan walikota pada Kota. Semuanya dipilih berdasarkan asas demokrasi dan pemilihan umum.

Tabel Jumlah Kabupaten dan Kota Di Indonesia Tiap Provinsi dan Kepulauan
No. Pulau – Kepulauan Prov Kab Kota Jumlah
1 Sumatra Aceh 18 5 23
2   Sumatra Utara 25 8 33
3   Sumatra Barat 12 7 19
4   Riau 10 2 12
5   Kepulauan Riau 5 2 7
6   Jambi 9 2 11
7   Bengkulu 9 1 10
8   Sumatra Selatan 13 4 17
9   Kepulauan Bangka Belitung 6 1 7
10   Lampung 13 2 15
11 Jawa Banten 4 4 8
12   Jawa Barat 18 9 27
13   DKI Jakarta 1 5 6
14   Jawa Tengah 29 6 35
15   Jawa Timur 29 9 38
16   DI Yogyakarta 4 1 5
17 Nusa Tenggara Bali 8 1 9
18   Nusa Tenggara Barat 8 2 10
19   Nusa Tenggara Timur 21 1 22
20 Kalimantan Kalimantan Barat 12 2 14
21   Kalimantan Selatan 11 2 13
22   Kalimantan Tengah 13 1 14
23   Kalimantan Timur 7 3 10
24   Kalimantan Utara 4 1 5
25 Sulawesi Gorontalo 5 1 6
26   Sulawesi Selatan 21 3 24
27   Sulawesi Tenggara 15 2 17
28   Sulawesi Tengah 12 1 13
29   Sulawesi Utara 11 4 15
30   Sulawesi Barat 6 0 6
31 Maluku Maluku 9 2 11
32   Maluku Utara 8 2 10
33 Papua Papua 28 1 29
34   Papua Barat 12 1 13
Jumlah 416 98 514

 

Daftar 34 Provinsi
Daftar 34 Provinsi di Indonesia

Daftar Provinsi Indonesia

Dibawah ini adalah daftar provinsi Indonesia beserta Ibukota provinsi tersebut. Kalian juga dapat memperhatikan pada peta Indonesia dibawah daftar ini.

  1. Aceh – Banda Aceh
  2. Sumatera Utara – Medan
  3. Sumatera Barat – Padang
  4. Riau – Pekanbaru
  5. Kepulauan Riau – Tanjungpinang
  6. Jambi – Jambi
  7. Sumatera Selatan – Palembang
  8. Kepulauan Bangka Belitung – Pangkal Pinang
  9. Bengkulu – Bengkulu
  10. Lampung – Bandar Lampung
  11. DKI Jakarta – Jakarta
  12. Banten – Banten (Serang)
  13. Jawa Barat – Bandung
  14. Jawa Tengah – Semarang
  15. DI Yogyakarta – Yogyakarta
  16. Jawa Timur – Surabaya
  17. Bali – Denpasar
  18. Nusa Tenggara Barat – Mataram
  19. Nusa Tenggara Timur – Kupang
  20. Kalimantan Barat – Pontianak
  21. Kalimantan Tengah – Palangkaraya
  22. Provinsi Kalimantan Selatan – Banjarmasin
  23. Kalimantan Timur – Samarinda.
  24. Kalimantan Utara – Tanjung Selor
  25. Sulawesi Utara – Manado
  26. Gorontalo – Gorontalo
  27. Sulawesi Tengah – Palu
  28. Sulawesi Barat – Mamuju
  29. Provinsi Sulawesi Selatan – Makassar
  30. Sulawesi Tenggara – Kendari
  31. Maluku – Ambon
  32. Maluku Utara – Sofifi
  33. Papua Barat – Manokwari
  34. Papua – Jayapura
Video Peta Indonesia dan 34 Provinsi

5 Provinsi Otonomi Khusus Indonesia

Diketahui dari 34 Provinsi yang ada pada tahun 2019, ada 5 provinsi yang mempunyai status khusus dan berbeda dengan provinsi lain yang disebut sebagai Daerah Otonomi Khusus yaitu:

  1. DKI Jakarta
  2. DI Yokyakarta
  3. Papua
  4. Papua Barat
  5. Aceh

Demografi Indonesia

Jumlah penduduk Indonesia berdasarkan data Biro Pusat Statistik Indonesia tahun 2018, tercatat terdapat 270.054.853 juta jiwa.

Kebanyakan penduduk tersebut tinggal di 5 pulau besar Indonesia yaitu Jawa, Kalimantan, Sumatera, Sulawesi dan Papua. Diantara pulau besar tersebut, Pulau Jawa paling padat penduduk.

Penduduk Indonesia didominasi oleh bangsa Austronesia. Selain itu ada juga kelompok Melanesia, Polinesia dan Mikronesia.

Mayoritas agama penduduk Indonesia adalah Islam, dan menjadikannya sebagai Negara Penduduk Islam terbanyak di dunia. Selain agama Islam, ada juga agama Kristen Protestan, Kristen Katolik, agama Budha dan agama Hindu serta Konghucu.

Selain 6 agama diatas, Indonesia juga baru baru ini mengakui aliran aliran kepercayaan yang tersebar di penjuruh Indonesia, asalkan ritual kepercayaan dan ajarannya tidak melanggar aturan perundang undangan.

Iklim Indonesia

Indonesia ada dua musim yaitu musim hujan dan musim kemarau. Iklim di Indonesia adalah iklim tropis.

Bagaimana Peta Indonesia terbaru?

Peta Indonesia terbaru dapat anda lihat dan amati pada artikel diatas. Silahkan didownload gambar peta ukuran besar dan vektor serta peta buta Indonesia diatas.

Berapa jumlah provinsi Indonesia

Hingga tahun 2019, ada 34 Provinsi di Indonesia dan didalamnya ada 5 Provinsi Khusus

Bagaimana Demografi Indonesia?

Negara Indonesia berdasarkan de facto dan de jure, terletak diantara 6º LU-11º08 LS dan 95º BT-141º BT yang memiliki luas daratan seluas 1.922.570 km2. LU adalah lintang utara, dan LS adalah lintang selatan. BT adalah bujur timur.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here