ADS BY GOOGLE

Pengertian Virus, Contoh Virus, Struktur Virus dan Ciri Ciri Virus

0
48483
Virus dan pengertian virus, ciri ciri virus dan struktur virus serta contoh virus
Virus dan pengertian virus, ciri ciri virus dan struktur virus serta contoh virus

Pengertian Virus : Apa itu Virus dalam Biologi ? Pengertia virus dalam biologi| Kalian sudah belajar tentang makhluk hidup dan macamnya bukan. Virus adalah nonmakhluk hidup yang menjadi parasit obligat pada makhluk hidup. Apa artinya hal “obligat” tersebut.

Artinya virus tidak akan dapat “hidup” tanpa berada dalam makhluk hidup. Artinya virus dapat dikatakan sebuah entitas nonseluler yang tersusun protein yang hanya melakukan infeksi terhadap inang dan memperbanyak diri. 

Pengertian virus

Jadi pengertian virus itu apa dong? Sederhananya, artinya dengan hanya penggambaran sederhana, pengertian virus adalah organisme nonseluler yang terususun atas subunit protein dan berukuran sangat kecil dan memiliki sifat parasit obligat intraseluler (cuman “hidup” dalam sel makhluk hidup).

Kata “Hidup” yang dimaksud tidak sama dengan kata “hidup” untuk makhluk seluler baik itu monoseluler seperti bakteri ataupun multiseluler seperti manusia. Kata “hidup” untuk virus direduksi (dikurangi) menjadi merangkai materi organik dalam sel inang (tempat dia numpang) untuk memperbanyak dirinya, selain itu juga termasuk mememecahkan sel inangnya, menginfeksi sel inangnya dan juga menghasilkan senyawa tertentu.

Untuk mendefinisikan lebih jauh kita tentang virus biologis, kita akan bahas secara strukturnya.

Struktur Virus

Okelah memang virus sangat banyak jenisnya, mulai dari helical, icosahedral, prolate, envelope dan complex. Jadi kita ambil yang umum saja. T virus atau bakteriofag. Virus bakteriofag memiliki bentuk seperti laba laba (lihat gambar dibawah). Virus yang utuh (artinya memiliki kepala, ekor, tabung ekor dan termasuk kaki) disebut virion (walaupun banyak lagi bentuk aneh dari virus dalam berbagai jenisnya).

pengertian virus, ciri ciri virus, contoh virus, definisi virus
virus bakteriofag | Struktur dan bentuk

 

Dalam kepala virus T-Fag itu terdapat materi genetik (pusat informasi keturunan) yang dilindungi oleh selubung protein yang disebut kapsid. Kapsid tersebut tersusun oleh subunit subunit kecil (berbahan protein)  yang disebut kapsomer.  Nukleokapsid adalah istilah yang digunakan untuk unit dasar asam nukleat dan selubung protein pada virus.

 

Tabung pada virus T-Fag tersebut digunakan untuk memasukkan materi genetik pada proses infeksi virus ke sel inang. Kemudian dalam kondisi yang pas, virus akan mulai memperbanyak diri dalam sel inang dan kemudian meledakkan sel inangnya. Jeda waktu setelah infeksi dan mulainya “penyusunan ulang dan perbanyakan diri” virus disebut waktu inkubasi.

Mari kita lihat dari ukuran secara general untuk virus untuk lebih mengetahui apa pengertian virus itu. Ukuran virus sudah jelas lebih kecil dari bakteri dan semua makhluk hidup lainnya (pengetahuan terbaru/2017). 

Ukuran virus berada dalam ukuran nanometer (nm) anda tahu nm kan, 1 nanometer itu sama dengan 1/1000 mikrometer, artinya sama dengan 1/1000000 mm. Range atau kisaran ukuran tubuh virus normalnya adalah 20-450 nm. Akan tetapi virus terbesar pernah ditemukan berdiamater 500 nm dan panjang 700-1000 nm. Kalau kalian bertanya bagaimana cara mereka ukur, para peneliti mengukurnya menggunakan metode sentrifugasi ultra high speed (kecepatan sangat tinggi).

Jadi untuk melihat virus dengan ukuran tersebut memang tidak bisa menggunakan mikroskop cahaya, haruslah menggunakan mikrosop elektron karena ketidakmampuan pita cahaya.

Klasifikasi Virus

Ini sebagai suplemen saja, saya tidak akan jelaskan sampai lengkap karena akan membutuhkan 600 halaman untuk itu. Jadi, virus itu pada dilansir pada tahun 2012 oleh ICTV (cari di google apa itu ICTV) terdiri atas 7 ordo, 96 famili, 22 subfamili, 420 genus dan 2618 spesies. 

Jadi untuk selanjutnya ke bawah, kita akan gunakan klasifikasi virus menurut ICTV (karena ada klasifikasi berdasarkan baltimore, dan holmes). Klasifikasi menurut ICTV membagi family family virus menjadi 7 grup besar. Pembagian grup ini berdasarkan jenis /ragam materi intinya (baik itu DNA ataupun RNA)

  1. Grup 1 itu adalah kelompok virus yang memiliki DNA untai ganda
  2. Grup 2 itu kelompok virus yang memiliki DNA untai tunggal
  3. Grup 3 itu kelompok virus yang memiliki RNA untai ganda
  4. Grup 4 itu kelompok virus yang memiliki RNA tunggal bidang positif (virus hepatitis, SARS, hepatitis A, dan juga demam kuning serta banyak lagi)
  5. Grup 5 itu kelompok virus yang memiliki RNA tunggal bidang negatif (virus ebola dan virus influenza masuk dalam grup ini).
  6. Grup 6 itu kelompok virus yang memiliki RNA tunggal yang memperbanyak diri menggunakan DNA intermediet (HIV /penyebab AIDS, merupakan salah satu anggota grup ini)
  7. Grup 7 adalah grup terakhir. Merupakan kelompok virus yang memiliki DNA rantai ganda dan mereplikasi diri menggunakan enzim reverse transcriptase pada inangnya (Virus hepatitis B merupakan salah satu anggotanya)

Jadi virus itu dikelompokkan bukan hanya berdasarkan bentuknya saja, akan tetapi lebih berdasarkan pada isi materi genetik yang dikandungnya.

Hal yang kalian harus sadari bahwa jenis virus itu bukan berakhir pada tahap spesies tapi berakhir pada strain. Jadi memang jenis/spesies virus itu hanya segitu yang ditemukan hingga akhir tahun 2012 kemarin, tapi strain sungguh amat banyak karena virus merupakan materi nonseluler yang sangat cepat bermutasi.

Kesimpulan

Untuk kesimpulan ini, kita akan review dulu pengertian virus itu, jadi pengertian virus adalah makhluk nonseluler yang bersifat parasit obligat intraseluler yang memperbanyak diri dengan menyusun ulang menggunakan materi inangnya. 

Ciri Ciri Virus

Karakteristik atau ciri ciri virus adalah sebagai berikut:

  1. Virus hanya memiliki satu jenis materi inti saja baik itu DNA saja atau RNA saja. 
  2. Virus memiliki DNA yang unik atau RNA yang unik. Pada sel hanya ditemukan DNA rantai ganda dan RNA rantai tunggal sedangkan pada virus dapat anda temukan jenis virus dengan DNA rantai tunggal serta ada juga yang RNA rantai ganda.
  3. Virus tidak menghasilkan ATP 
  4. Virus tidak melakukan penyusunan protein karena virus tidak memiliki ribosom (dia mengambil dari materi inangnya)
  5. Virus tidak dibungkus oleh membran lipid, berbeda dengan sel.
  6. Virus tidak dapat dipengaruhi oleh antibiotik , akan tetapi sel inang tempatnya dapat dipengaruhi.
  7. Virus tidak memiliki organel seperti sel
  8. Virus tidak memiliki alat gerak aktif (masih diteliti)
  9. Virus pada umumnya memiliki reseptor khusus sehingga hanya menginfeksi yang bersesuaian dengan reseptor tersebut.
  10. Virus memiliki dua daur replikasi diri yaitu litik dan lisogenik dan semuanya berlangsung dalam sel inang
  11. Ukuran virus sangat kecil mulai dari 20 nm-450 nm, dengan beberapa pengecualian.

Contoh Virus dan penyakit yang ditimbulkannya

  1. Virus HIV menyebabkan penyakit AIDS pada manusia dan hewan
  2. Virus infuenza menyebabkan penyakit flu pada manusia dan hewan
  3. Adenovirus, menyebabkan virus pada hewan anjing (anjing rabies)
  4. Virus herpes simplex, menyebabkan cacar /herpes pada manusia
  5. Virus hepatitis menyebabkan hepatitis pada manusia

 

Peranan Virus Yang Menguntungkan

Ada beberapa poin penting sehubungan dengan peran virus yang menguntungkan bagi manusia dan sekitarnya, berikut beberapa poin tersebut dan penjelasannya.

1# Rekayasa Genetika /Terapi Gen

Virus adalah satu jawaban bagi pertanyaan para peneliti tentang cara untuk melakukan rekayasa genetika dengan lebih mudah dan tanpa harus melakukannya secara manual. Dengan menggunakan virus yang akan mengandung materi genetik yang telah dipengaruhi akan masuk ke dalam sel inang yang ingin kita ubah dan akan mengubah gen dan kerja sel yang ingin kita perbaiki.

Sebagai contoh dalam teknik rekayasa genetik menggunakan virus adalah pada kasus kelainan genetik ADD (Adenosine deaminase deficiency) jangan dianggap sama dengan penyakit ADD yah (Attention Deficit Disorder) yang membuat penderitanya tidak mampu membentuk daya tahan tubuh yang baik terhadap segala gangguan.

Nah, dengan menggunakan teknik terapi gen menggunakan virus Retrovirus sebagai vektor gen pengkode enzim AD untuk menginvasi sel limfosit T yang abnormal. Dengan begitu, tubuh penderita ADD seiring waktu akan membaik.

peranan virus yang menguntungkan bagi manusia dalam pengobatan medis dan kesehatan
Peranan virus yang menguntungkan: Terapi genetik yang dilakukan menggunakan virus Adenovirus sebagai vektor gen yang ingin dimasukkan kepada sel yang akan diterapi.

2# Vaksin Protein

Selubung virus juga dapat digunakan sebagai protein khusus yang dapat memicu terbentuknya respon kekebalan tubuh melawan suatu penyakit. Walaupun dalam melakukan hal ini seorang peneliti harus berhati hati untuk tidak memasukkan virus virulen yang masih aktif apalagi bersifat patogen.

3# Mengatasi Infeksi Bakteri atau Sel lainnya

Kita ketahui bersama dalam cara hidup virus bahwa virus ada yang sangat spesifik hingga hanya dapat menyerang satu jenis sel saja dan bukan sel lainnya. Sifat dan cara hidup virus inilah yang dapat digunakan untuk memusnahkan atau menghilangkan bakteri atau jamur yang menginfeksi manusia.

Sebagai contoh virus dalam kelompok Bakteriofag hanya menyerang jenis E.coli dan jenis jenis bakteri tertentu sesuai spesies virusnya.

Kedepannya diperkirakan bahwa ilmuwan akan menemukan cara untuk memaksimalkan perakitan virus untuk tiap jenis penyakit yang disebabkan oleh bakteri ataupun jamur seperti malaria dan kawan kawannya.

4# Pemberantasan Serangan Hama

Hama dan semacamnya dapat kita berantas menggunakan virus. Salah satu contohnya adalah menggunakan virus Baculovirus yang merupakan bioinsektisida yang dapat membunuh serangga. Penggunaan virus ini sangat baik untuk lingkungan karena tidak menyebabkan pencemaran lingkungan.

peranan virus dalam kehidupan pertanian
Sumber gambar dan credited to https://www.researchgate.net/figure/Representation-of-the-baculovirus-life-cycle_fig1_273956232 . Gambar / Ilustrasi siklus hidup Baculovirus, virus yang digunakan sebagai insektisida dalam pertanian. Sebuah biopestisida atau bioinsektisida yang sangat efektif membunuh dan mampu memperbanyak diri.

5# Bioenginering

Nah perakitan suatu perangkat teknologi yang super kecil juga saat ini sedang diteliti oleh para peneliti di luar negeri khususnya di John Innes Center, Inggris.

Mereka berusaha menggunakan virus untuk membuat kapasitor dengan mencampurkan virus tersebut dengan senyawa besi (Fe).

6# Pengembangan Beterai Litium

Nah, ini masih pengembangan dan belum diuji cobakan dan sepertinya tidak akan muncul dipasaran dalam waktu dekat. Peneliti di MIT telah membutukan dan membuat sebuah virus dengan memodifikasi gen gen yang ada pada Bakteriofag E4 dan bakteriofag M13 sebagai katoda. Dengan menggunakan metode ini, peneliti khususnya Angela Blecher, pimpinan penelitian ini di MIT, berharap dapat menciptakan beterai super kecil yang dapat mempunyai energi yang sangat banyak.

7# Penanganan Kanker

Mulai dari tahun 2004 hingga saat ini sedang diteliti tentang potensi virus untuk dapat mengobati kanker khususnya kanker yang jauh tersembunyi dalam tubuh manusia.

Hal tersebut penting dan memang akan sangat berguna ketika ditemukan dan dimaksimalkan sehingga tingkat harapan hidup manusia yang mengalami kanker hati, dan segala jenis kanker yang membutuhkan pembedahan dan kemoterapi dapat disembuhkan.

Virus yang dapat menyerang sel kanker disebut virus onkolitik (oncolytic viruses).

Penangangan kanker menggunakan virus onkolitik. Sumber gambar : https://www.dkfz.de/en/lovit/index.php

8# Pacu Jantung Biologis

Pada tahun 2012, Ilmuwan Amerika mengembangkan dan meneliti penggunaan virus yang telah dimofikasi sebagai alat pacu jantung babi. Virus tersebut dimasukkan ke dalam otot jantung babi dan mentarget gen Tbx18 yang memungkinkan terjadinya detak jantung. Para peneliti beranggapan bahwa kelak alat pacu jantung menggunakan virus ini akan sangat membantu bagi manusia.

Masih ada begitu banyak sesungguhnya peranan virus yang menguntungkan bagi manusia dan lingkungan sekitar akan tetapi masih dalam tahap penelitian dan pengembangan.

Hal ini perlu kita maklumi karena pengembangan virus yang merupakan makhluk yang sangat kecil membutuhkan teknologi yang mendukung pula. Saya perkirakan sebelum 2030, akan banyak peranan virus dalam kehidupan manusia.

Peranan Virus yang Merugikan

Setelah membahas yang baik baiknya virus, mari bahas yang buruk dan negatif yang ditimbulkan oleh jenis jenis virus tertentu dalam kehidupan kita dan makhluk hidup lainnya yang penting bagi kesejahteraan manusia.

Kita ketahui bahwa jelas setiap virus yang menimbulkan penyakit sangatlah merugikan bagi manusia. Oleh karena itu, daftar yang akan saya berikan adalah daftar penyakit yang disebabkan oleh virus mulai dari (1) Manusia, (2) hewan, (3) dan tumbuhan.

Penyakit pada manusia yang disebabkan virus

  1. Gondongan oleh virus Paramyxovirus
  2. Herpes oleh virus herpes simpleks (HSV-1 dan HSV-2)
  3. Cacar variola/Smallpox oleh virus Orthopoxvirus.
  4. Cacar air varisela /chickenpox dan herpes zoster / shingles oleh virus verisela
  5. Hepatitis disebabkan oleh HAV untuk Hepatitis A, oleh HBV untuk hepatitis B, oleh HCV untuk hepatitis C, oleh HDV untuk hepatitis D, dan HEV untuk hepatitis E. Setiap virusnya berbeda genus.
  6. Influenza dan parainfluenza oleh kelompok virus Orthomyxovirus dan juga Parainfluenza virus.
  7. Campak atau morbili oleh virus Morbillivirus
  8. AIDS oleh virus HIV dari genus Lentivirus.
  9. Poliomielitis oleh virus Poliovirus.
  10. Tumor kelamin oleh Papillomavirus
  11. Kanker darah putih atau leukimia oleh virus suku retroviridae
  12. Karsinoma serviks oleh virus Herpes simpleks tipe-2
  13. Demam berdarah oleh virus dengue atau virus Flavivirus dengan vektor nyamuk Aedes aegypti.
  14. Chikungunya oleh virus chikungunya dengan vektor nyamuk Aedes aegypti.
  15. Ebola oleh virus Ebola
  16. Virus Flu burung oleh virus H5N1, salah satu strain virus HPAIV (highly pathogenic avian influenza virus)
  17. SARS oleh virus SARS, juga termasuk salah satu spesies virus Corona.
  18. Flu Corona oleh virus Covid-19.

Bagi kalian yang ingin mengetahui lebih jauh tentang penyakit yang disebabkan oleh virus dan bakteri pada manusia, silahkan kunjungi situs WHO dibawah ini. Sangat berguna kok.
https://www.who.int/emergencies/diseases/en/

Nanti saya akan jelaskan satu satu penyakitnya yang dan menyertakan makalah pdf atau docx agar kalian lebih bersemangat belajarnya.

Itulah diatas peranan virus yang merugikan bagi manusia dengan menimbulkan banyak penyakit. Untung saja manusia khususnya para peneliti diberikan otak yang cemerlang untuk menemukan vaksin dan berbagai cara penanggulangannya beserta obat obat antivirus ketika terkena virus.

Penyakit pada hewan yang disebabkan oleh virus

Selain menyebabkan penyakit pada manusia, virus juga dapat dan sering menyebabkan penyakit pada hewan khususnya hewan hewan yang berada dilingkungan aktivitas manusia. Baik berupa hewan konsumsi, hewan piaraan dan juga hewan yang digunakan sebagai alat bantu kerja.

Berikut beberapa penyakit pada hewan yang disebabkan oleh virus sebagai bentuk peranan virus yang merugikan bagi hewan.

  1. Rabies yang disebabkan oleh virus Rhabdovirus
  2. Penyakit mulut dan kuku oleh virus Apthovirus dari famili Picornaviridae
  3. Penyakit Tetelo atau NCD yang disebabkan oleh virus NCD (New castle disease)
  4. Tumor atau kutil pada hewan oleh virus RSV (rous sarcoma virus) dan pada sapi oleh virus Bovine papillomavirus.

Penyakit pada tumbuhan yang disebabkan virus

Dua bagian sebelumnya telah dituliskan tentang peranan merugikan dari virus terhadap manusia dan hewan, nah bagian terakhir ini tentang peranan virus yang merugikan bagi tumbuhan yaitu memberi penyakit pada tumbuhan.

  1. Tungro yang terjadi pada tanaman padi oleh virus Tungro dari famili Caulimoviridae oleh vektor wereng hijau dan wereng cokelat
  2. Penyakit mosaik oleh virus TMV yang terjadi pada daun tembakau, kacang, pepaya, cabai, tomat, dan kentang, vektor dapat berupa serangga hama.
  3. Penyakit TYLC atau Tomato yellow leaf curl virus yang disebabkan oleh virus TYLCV pada daun tumbuhan tomat dan menyebabkan terjadinya kekuningan pada tumbuhan tomat.

Dan banyak lagi virus lainnya dan penyakit yang ditimbulkannya

Soal Virus

1. Berikut ini yang merupakan ciri ciri virus adalah

a. Tubuh uniseluler
b. Sel prokariotik
c. sel eukariotik
d. tubuh multiseluler
e. tubuh aseluler

Pembahasan:
E. Tubuh aseluler

2. Berikut ini bukan merupakan alasan mengapa virus dapat dianggap sebgai makhluk hidup adalah

a. Dapat hidup hanya pada sel hidup
b. Tubuh terdiri atas DNA/RNA
c. dapat dikristalkan
d. Kapsidnya terdiri atas protein
e. Dapat menduplikasikan diri

Pembahasan:
c. Dapat dikristalkan. Opsi lain merupakan alasan virus dapat dikatakan sebagai makhluk hidup

3. Virus yang berbentuk huruf T adalah

a. Adenovirus
b. Rhabdovirus
c. Bakteriofag
d. HIV
e. Ebolavirus

Pembahasan:
c. Bakteriofag

4. Virus yang berbentuk bulat adalah

a. Ebolavirus, Orthomyxovirus, Papovavirus
b. Ebolavirus, TMV, HIV
c. bakteriofag, TMV, HIV
d. HIV, Orthomyxovirus, Papovavirus
e. Adenovirus, Orthomyxovirus, Papovavirus

Pembahasan:
d. HIV, Orthomyxovirus, Papovavirus. Bakteriofag berbentuk huruf T, Adenovirus berbentuk polihedral, TMV berbentuk tabung, Ebolavirus virionnya berbentuk filamen (seperti worm zone).

5. Gambar struktur tubuh virus dibawah ini. Asam nukleat DNA/RNA terdapat di bagian bernomor…

a. 1
b.2
c.3
d.4
e.5

Pembahasan:
a.1 . Angka lain menunjukkan hal yang lain. 2 menunjukkan leher. 3 menunjukkan batang atau ekor bakteriofag. 4 menunjukkan kaki atau serabut ekor bakteriofag. terakhir, 5 menunjukkan lempeng dasar

6. Perhatikan gambar fase reproduksi virus dibawah ini. Reproduksi virus pada gambar tersebut dinamakan fase

a. adsorpsi
b. penetrasi
c. sintesis
d. pematangan
e. lisis

Pembahasan:
b. Penetrasi

7. Berikut ini gambar fase reproduksi virus. Reproduksi virus pada gambar tersebut dinamakan fase

a. Adsorpsi
b. Penetrasi
c. Sintesis
d. Lisogenik
e. Lisis

Pembahasan:
e. Lisis

8. Peristiwa yang terjadi pada fase litik reproduksi virus adalah

a. Sel inang dapat membelah diri
b. Sel inang mengandung profag
c. tidak terbentuk virion-virion baru
d. sel inang tidak mati
e.terbentuk sel virus baru

Pembahasan:
e. Terbentk sel virus baru. Opsi lain merupakan yang terjadi pada fase lisogenik virus

9. Fase-fase dari siklus litik pada reproduksi virus secara berurutan adalah
a. Lisis-penetrasi-adsorpsi-sintesis-pematangan
b. penetrasi – adsorpsi – lisis – sintesis – pematangan
c. adsorpsi – penetrasi – sintesis – pematangan – lisis
d. sintesis – pematangan – adsorpsi – penetrasi – lisis
e. adsorpsi – lisis – penetrasi – sintesis – pematangan

Pembahasan:
c. adsorpsi – penetrasi – sintesis – pematangan – lisis

10. Virus yang dapat bereproduksi melalui siklus lisogenik dan litik disebut

a. bakteriofag
b. virus telanjang
c. virus temperat
d. virus berselubung
e. profag

Pembahasan:
c. virus temperat

11. Virus yang mempunyai jenis asam nukleat RNA adalah
a. Picornavirus, Caliciviruses, Retrovirus
b. Arenavirus, Togavirus, Papovavirus
c. Parvovirus, Adenovirus, Herpesvirus
d. Flavivirus, Paramyxovirus, Herpesvirus
e. Bunyavirus, Orthomyxovirus, Adenovirus

Pembahasan:
a. Picornavirus, Caliciviruses, Retrovirus. Opsi lain terdapat virus DNA seperti Adenovirus, Herpesvirus, Papovavirus.

12. Kisaran inang virus flu burung adalah
a. Serangga, padi, tomat
b. nyamuk, ayam, monyet
c. Escherichia coli di usus besar
d. unggas, babi, manusia
e. Aedes aegypti

Pembahasan:
d. Unggas, babi, manusia

13. Virus dapat hidup secara
a. Heterotrof fakultatif
b. Parasit ekstraseluler
c. kemoautotrof
d. saproba
e. Parasit intraseluler obligat

Pembahasan:
e. Parasit intraseluler obligat. Virus hanya dapat “hidup” ketika berada dalam sel makhluk hidup, contohnya bakteriofag pada bakteri

14. Berikut ini Bukan merupakan dasar-dasar yang digunakan dalam klasifikasi virus adalah
a. Jenis inang
b. Jenis asam nukleat
c. Kandungan enzim
d. Sifat imunologis inang
e. ciri ciri fisik virus

Pembahasan:
a. Jenis inang. Yang tepatnya adalah jenis sel inang

15. Berikut ini gambar penyakit yang disebabkan oleh virus. Penyakit pada gambar diatas disebabkan oleh
a. Paramyxovirus
b. virus varisela
c. Morbillivirus
d. Herpesvirus
e. virus variola

Pembahasan:
b. Virus varisela

16. Penyakit pada tumbuhan yang disebabkan oleh virus antara lain
a. tungro, mosaik, TYLC
b. antraks, chikungunya
c. kolera, flu burung, SARS
d. kutil, cacar, gondong
e. rabies, AIDS, sifilis

Pembahasan:
a. Tungro, mosaik, TYLC. Opsin lain adalah penyakit pada hewan dan manusia akibat infeksi virus

17. Pencegahan terhadap infeksi virus polio dapat dilakukan dengan cara
a. Pemberian vaksin virus hidup yang dilemahkan melalui mulut (oral)
b. Pemberian vaksin virus hidup melalui injeksi subkutan (kulit)
c. pemberian vaksin virus mati yang dicampur bahan makanan
d. Pemberian interferon
e. kemoterapi antivirus

Pembahasan:
a. Pemberian vaksin virus hidup yang dilemahkan melalui mulut (oral). Ada dua cara, yang pertama itu a dan yang kedua adalah vaksin virus mati yang disuntikkan.

18. Berikut ini bukan pernyataan yang benar adalah
a. viroid dan prion mampu bereplikasi
b. viroid dapat menghambat pertumbuhan tanaman
c. prion mampu mengubah protein inang menjadi protein versi prion
d. viroid merupakan molekul kecil RNA sirkuler telanjang
e. Prion dan viroid dapat menyebabkan penyakit pada organisme

Pembahasan:
a. viroid dan prion mampu bereplikasi. Ini bukanlah pernyataan yang benar karena prion tidaklah mampu bereplikasi, hanya viroid yang mampu.

19. Prion dapat menyebabkan penyakit dibawah ini
a. rabies, sapi gila, penyakit mulut dan kuku
b. antraks, sapi gila, kuru
c. kuru, BSE, dan scrapie
d. FFI, antraks, cacar
e. CJD, sapi gila, kerdil pada tanaman kelapa

Pembahasan:
c. Kuru, BSE, dan scrapie. Kuru adalah penyakit di Papua New Guinea akibat kanibalisme, BSE pada sapi dan scrapie pada domba. Ketiga penyakit ini ditemukan disebabkan oleh Prion.

Pilihan ganda bervariasi
Petunjuk:
A. Jika jawaban (1), (2) dan (3) benar
B. Jika jawaban (1) dan (3) benar
C. Jika jawaban (2) dan (4) benar
D. Jika hanya jawaban (4) yang benar
E. Jika semua jawaban benar

  1. Yang merupakan alasan virus digolongkan benda mati adalah
    1. Dapat dikristalkan
    2. Tidak merupakan sel (aseluler)
    3. Ukurannya sangat kecil
    4. Mengandung asam nukleat
    Pembahasan:
    Dikarenakan 1,2, dan 3 benar maka jawabannya adalah A.
  2. Hal hal yang terjadi dalam siklus lisogenik adalah
    1. dihasilkan virus baru
    2. terdapat profag
    3. sel inang hancur
    4. Sel inang tidak mati
    Pembahasan:
    2 dan 4 benar maka jawabannya adalah C
  3. Pada tahap eklifase dalam reproduksi virus terjadi
    1. Hidrolisis DNA sel inang atas kendali materi genetik virus
    2. injeksi DNA virus ke dalam sel inang
    3. sintesis asam nukleat komponen virus
    4. sintesis lisozim perusak dinding sel inang oleh fag
    Pembahasan:
    1 dan 3 benar maka jawabannya adalah B
  4. Penyakit yang ditimbulkan virus dengan cara penularan melalui udara adalah
    1. Rabies
    2. AIDS
    3. demam berdarah
    4. SARS
    Pembahasan:
    Hanya 4 (SARS) yang benar maka jawabannya adalah D
  5. Penyakit yang disebabkan oleh virus pada unggas adalah
    1. NCD (newcastle disease)
    2. tumor RSV (rous sarcoma virus)
    3. AI (Avian influenza)
    4. tetelo (parrot fever)
    Pembahasan:
    b. Virus varisela

III. Hubungan Sebab Akibat

Petunjuk:
A. Jika pernyataan benar, alasan benar dan keduanya menunjukkkan hubungan sebab akibat
B. Jika pernyataan benar, alasan benar, tetapi keduanya tidak menunjukkan hubungan sebab akibat
C. Jika pernyataan benar dan alasan salah
D. Jika pernyataan salah dan alasan benar
E. Jika pernyataan dan alasan salah

  1. Istilah virus berarti racun
    Sebab
    Suatu jenis virus dapat menyebabkan penyakit pada semua jenis organisme
    Pembahasan:
    alasan benar tapi sebab salah maka jawabannya adalah C
  2. Virus biasanya dibiakkan pada embrio telur ayam
    sebab
    virus hanya dapat hidup pada jaringan hidup
    Pembahasan:
    pernyataan dan alasan benar serta mempunyai hubungan sebab akibat maka jawabannya adalah A
  3. Demam berdarah merupakan penyakit epidemi
    sebab
    Penyebab demam berdarah adalah nyamuk Aedes aegypti
    Pembahasan:
    pernyataan dan alasan benar serta mempunyai hubungan sebab akibat maka jawabannya adalah A. Penyebab demam berdarah sesungguhnya adalah infeksi virus dengue tetapi vektor tetap adalah nyamuk Aedes aegypti . Sehingga dapat dikatakan sebabnya adalah nyamuk itu.
  4. Virus dapat dilihat dengan menggunakan mikroskop cahaya
    sebab
    Virus memiliki ukuran tubuh 20 nm – 300 nm
    Pembahasan:
    pernyataan salah, virus tidak mampu diamati menggunakan mikroskopi cahaya. Alasan benar, walaupun masih perlu diperbaiki karena data terakhir 2020, virus terkecil kurang dari 20 nm yaitu 18 nm.
  5. Bayi yang dikandung oleh wanita penderita AIDS dapat dipastikan positif HIV
    sebab
    HIV menyerang sel limfosit T CD4 di dalam darah
    Pembahasan:
    Pernyataan salah, karena kenyataannya tidak seperti itu,walaupun risiko terkena sangat tinggi tapi tidak 100 %. Sebab atau alasan benar. Maka jawabannya adalah D

note: bahkan kanker juga dapat disebabkan oleh virus.

Salam belajar itu mudah. Tetap belajar yah. Ingat ujian sudah dekat nih. Untuk postingan selanjutnya di learniseasy.com akan membahas tentang virus lebih jauh lagi. Bagian daur litik dan lisogenik pada virus.

Referensi:

Soal dan Pembahasan Uji Kompetensi Virus Biologi X

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here