ADS BY GOOGLE

Contoh Cyanobacteria dan Peranannya Dalam Kehidupan Manusia

0
91
Contoh Cyanobacteria dan Peranannya Dalam Kehidupan Manusia
Contoh Cyanobacteria dan Peranannya Dalam Kehidupan Manusia

Contoh Cyanobacteria dan Peranannya

Selamat pagi pembaca, kali ini kita akan belajar tentang manfaat Cyanobacteria dan kerugian yang disebabkan oleh Cyanobacteria. Beberapa jenis Cyanobacteria bermanfaat bagi kehidupan manusia, dan beberapa jenis lainnya dapat merugikan bagi manusia.

Contoh hal yang bermanfaat bagi manusia seperti berfungsi sebagai sumber makanan atau suplemen makanan. Contoh hal yang merugikan seperti menghasilkan racun yang berbahaya ketika jumlahnya amat banyak dalam perairan.

Berikut beberapa contoh Cyanobacteria dan manfaat ataupun kerugian yang ditimbulkannya.

1# Chroococcus sp

genus Cyanobacteria yang satu ini adalah uniseluler atau bersel tunggal, bentuk selnya bulat (coccus). Selain hidup sendiri, Chroococcus sp dapat membentuk koloni mulai dari 2 hingga 8 sel. Warna tubuh dan koloninya adalah biru kehijauan dengan tubuh diselubungi lendir (selubung transparan) yang terbuat dari gelatin.

Habitat Chroococcus sp. adalah di dasar perairan tawar yang tenang atau tidak mengalir. Manfaat dan peranan Chroococcus sp. adalah salah satu penghasil oksigen bumi.

Chroococcus menggunakan carbon dalam jumlah banyak di atmosfer untuk digunakan dalam proses fotosintesis. Dalam prosesnya, menghasilkan oksigan dalam jumlah yang amat besar. Dapat dikatakan bahwa Chroococcus adalah salah satu genus yang berperan penting dalam terciptanya atmosfer kaya oksigen di Bumi.

Contoh Cyanobacteria dan Peranannya Dalam Kehidupan Manusia
Chroococcus sp.Gambar oleh: Xvazquez / CC BY

2# Gleocapsa sp.

Gleocapsa sp adalah spesies Cyanobacteria yang uniseluler atau bersel tunggal. Mampu membentuk koloni serta Beberapa jenis Gleocapsa dapat bersimbiosis dengan jamur membentuk lichen. Gleocapsa sp. banyak ditemukan pada batuan basah dan tanah yang lembab.

Peranan Gleocapsa sp. diketahui sebagai salah satu genus yang mampu melakukan fiksasi nitrogen (nitrogen fixation). Selain itu, salah satu penyebab batu licin adalah Cyanobacteria ini.

3# Microcystis sp.

Genus Microcystis adalah jenis Cyanobacteria yang bersel satu (uniseluler) yang mampu membentuk koloni. Bentuk sel nya bulat (coccus).

Habitat hidup Microcystis berada di air yang mengandung limbah industri dan pertanian. Peranan Microcystis ini merugikan bagi manusia dari segi blooming. Blooming Cyanobacteria dapat menyebabkan oksigen dalam air berukuran dan menghalangi masuknya cahaya matahari.

Koloni Microcystis wesenbergii dengan mikroskop epifluorescence dengan pewarnaan SYTOX Green DNA Staining

Microcystis sendiri dapat menjadi indikator kondisi perairan. Bila terjadi Blooming, artinya perairan tersebut mengandung kadar anorganik yang tinggi seperti sulfat.

4# Nodularia sp

Genus Cyanobacteria yang satu ini cukup unik. Mempunyai bentuk seperti filamen dan dapat hidup soliter ataupun berkelompok/koloni.

Nodularia sp. hidup pada tempat dengan kadar garam tinggi. Nodularia sp. ketika terjadi blooming juga bersifat merugikan bagi manusia karena dapat menghasilkan racun nodularin.

Manfaat Nodularia sp dalam kehidupan adalah sebagai bakteri fiksasi nitrogen yang mengambil nitrogen bebas di udara menjadi nitrogen yang dapat digunakan oleh makhluk hidup perairan. Gambar dibawah ini adalah contoh terjadinya blooming Nodularia pada perairan laut dengan tingkat keasinan tinggi.

Contoh Cyanobacteria dan Peranannya Dalam Kehidupan Manusia
Blooming Nodularia. Diambil dari Satelit NASA.

5# Polycystic sp.

Genus Polycystic adalah anggota Cyanobacteria yang juga berbentuk bulat (coccus) dan hidup bergerombol. Ketika membentuk koloni, berbentuk bola dan berwarna biru keabuan.

Polycystic hidup di permukaan kolam atau perairan yang tenang seperti danau. Salah satu tanda ada banyak Polycystic dalam danau atau kolam adalah tumbuhnya Polycystic hingga terlihat air kolam atau danau berwarna biru keabuan.

6# Oscillatoria rubescens

Cyanobacteria yang satu ini berbentuk filamen dan berwarna merah. Habitat Oscillatoria rubescens di laut. Ketika Oscillatoria rubescens hadir dalam jumlah banyak, air laut nampak berwarna merah.

7# Nostoc commune

Spesies Cyanobacteria yang berbentuk benang yang terjadi atas sel sel bulat (multiseluler). berlendir tebal dan membentuk massa seperti agar agar. Nostoc commune dapat membentuk akinet ketika terjadi kondisi yang tidak menguntungkan atau untuk menyimpan cadangan makanan.

Nostoc commune hidup pada tanah yang lembab, ada juga dapat bersimbiosis dengan lumut tanduk atau Anthoceros. Manfaat Nostoc commune selain menjadi salah satu makanan tradisional di berbagai negara di Asia, juga menjadi salah satu pemfiksasi nitrogen di udara.

Sifat dan manfaat Nostoc commune ini menjadikan Nostoc commune dapat tumbuh pada daerah yang mempunyai kadar nitrogen rendah.

8# Anabaena azollae

Anabaena azollae adalah spesies Cyanobacteria yang berbentuk benang yang tersusun atas sel sel bulat (multiseluler). Dapat membentuk heterosista dan akinet. Anabaena azollae juga dikenal sebagai pemfiksasi nitrogen udara yang baik.

Anabaena azollae hidup bersimbiosis dengan paku air Azolla pinnata. Salah satu manfaat Anabaena azollae dalam kehidupan adalah untuk menyuburkan tanah pertanian dan menyebabkan air sawah tampak hijau.

9# Anaebaena cycadae

Anaebaena cycadae adalah jenis Cyanobacteria multiseluler yang berbentuk benang. Mempunyai heterosista serta mampu mengikat nitrogen.

Anaebaena cycadae hidup bersimbiosis dengan akar paku Cycas (pakis haji). Salah satu manfaat Anaebaena cycadae adalah untuk menyuburkan tanah.

10# Anaebaena fertilissima

Anabaena fertilissima adalah Cyanobacteria multiseluler yang berbentuk benang yang mempunyai akinet dan heterosista. Sama dengan Anaebaena lainnya, mampu mengikat nitrogen (fiksasi nitrogen).

Anabaena fertilissima hidup bebas di air tawar contohnya air danau, kolam dan juga air sawah. Manfaat Anabaena fertilissima adalah sebagai fiksator nitrogen atau pengambil nitrogen bebas di udara.

11# Rivularia

Genus Rivularia adalah anggota Cyanobacteria yang multiseluler berbentuk cambuk. Pada pangkalnnya terdapat sel heterosista. Seluruh tubuh Rivularia diselimuti oleh selaput lendir.

Rivularia hidup di air tawar atau melekat pada substrat yang cocok dan lembab atau basah. Rivularia juga menjadi salah satu penyebab batu menjadi licin dan blooming di permukaan air.

12# Gloeotrichia

Gloeotrichia adalah Cyanobacteria multiseluler berbentuk filamen. Bagian ujung Gloeotrichia meruncing seperti cambuk. Bagian pangkal Gloeotrichia terdapat heterosista. Gloeotrichia juga mempunyai akinet. Berbeda dengan Rivularia, selaput lendir (mantel) hanya menutupi sebagian tubuhnya.

Habitat Gloeotrichia di air tawar. Banyak juga ditemukan melekat pada tanaman air atau substrat disekitar perairan. Manfaat Gloeotrichia selain sebagai organisme yang memfiksasi nitrogen, juga dapat menyebabkan blooming pada perairan air tawar.

13# Arthrospira maxima dan Arthrospira platensis

Kedua spesies Cyanobacteria diatas merupakan organisme multiseluler yang berbentuk filamen silindris dan berwarna kehijau biruan. Mengandung protein yang tinggi, vitamin serta mineral.

Habitat Arthrospira maxima dan Arthrospira platensis adalah pada air tawar. Manfaat Cyanobacteria Arthrospira maxima dan Arthrospira platensis adalah sebagai bahan dalam pembuatan suplemen makanan serta obat pelangsing tubuh.

Cyanobacteria

Artikel lengkap tentang Cyanobacteria

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here